Pemimpin atau Pengikut? Yang Manakah?

Pemimpin atau Pengikut? Yang Manakah?
©Liputan6

Sebuah kelompok sederhana memiliki bagian yang terdiri atas ketua dan anggota. Untuk sebuah komunitas yang lebih besar hingga mencapai level organisasi atau bahkan sebuah negara, hierarki tertinggi dipegang oleh seorang pemimpin, biasanya dengan wakilnya dan para pemegang kekuasaan tertinggi, turun ke cabang-cabang pemerintahan, hingga rakyat yang dipimpinnya.

Kita akan menyederhanakan bentuk ini ke dalam dua bentuk berdasarkan hierarki tertinggi dan terendah. Mari kita sebut dengan pemimpin dan pengikut.

Mengapa tidak menggunakan kata anggota atau rakyat jika konteksnya adalah sebuah kelompok, komunitas, organisasi atau sebuah negara? Karena di sini saya ingin menekankan bahwa dengan istilah pengikut, maka yang dimaksud adalah mereka yang mengikuti pemimpinn dan berada di bawah hierarki pemimpin serta lebih kepada mereka yang mencari seseorang yang bisa dan cocok untuk mereka ikuti sebagai pemimpin, yang bisa menunjukkan arah pada mereka.

Katakanlah pada level organisasi, pemimpin dan pengikut masing-masing memiliki perang penting yang harus keduanya laksanakan. Pemimpin memiliki peran dalam menentukan visi dan misi sebuah organisasi, menetapkan arah tujuan ke mana organisasi tersebut akan maju dan berkembang, dan mendorong sekaligus mengajak pengikutnya untuk terus berjalan mencapai hasil yang diinginkan.

Untuk itulah seorang pemimpin diharuskan memiliki jiwa kepemimpinan dengan kemauan yang keras, inspirasional, visi yang ke depan, dan mampu dalam membawa beban tanggung jawab terbesar.

Begitu juga dengan para pengikut yang mengikuti pemimpinnya, kerja keras dan usaha terbesar dilakukan oleh para pengikut untuk menggerakkan organisasi. Keduanya saling membutuhkan; pemimpin tidak dapat menggerakkan organisasi sendirian tanpa pengikut; pengikut condong mengikuti pemimpinnya agar tujuan organisasi lebih terarah dan dapat tercapai.

Selanjutnya, apakah semua orang wajib memiliki jiwa kepemimpinan?

Banyak ajaran dan pendidikan menjelaskan bagaimana menjadi pemimpin yang baik dan berjiwa kepemimpinan. Seorang pemimpin akan memimpin banyak pengikut. Seseorang bisa saja dilahirkan untuk ke depannya menjadi seorang pemimpin besar yang namanya tercatat dalam sejarah manusia.

Baca juga:

Bagaimanakah dengan pengikut yang menjalankan tugas dari bawah? Kerja keras mereka tidak perlu diakui dalam sejarah, namun hasil dari kerja keras para pengikutlah yang membentuk sejarah di bawah nama kebesaran sang pemimpin.

Saya menekankan pentingnya peran keduanya. Tidak semua orang memiliki jiwa kepemimpinan dan dapat menjadi pemimpin yang baik. Begitu juga seorang pemimpin membutuhkan pengikut yang memiliki loyalitas dan dapat dipercaya.

Nalar Pemimpin

Apa yang membuat seseorang dapat menjadi pemimpin? Apakah hal tersebut adalah bakat sejak lahir atau jiwa kepemimpinan dapat diasah oleh setiap orang?

Pada dasarnya, level kepemimpinan orang itu berbeda-beda. Setiap individu manusia memang memimpin atas diri mereka sendiri, terutama pada level psikologis dan fisiologis tubuhnya. Hal itu kemudian dikembangkan ke level selanjutnya dari memimpin sebuah kelompok kecil, komunitas, organisasi hingga level negara.

Dapat dikatakan bahwa jiwa kepemimpinan bisa terlihat sejak dini melalui kepribadian, karisma, dan penampilan. Juga dapat dikembangkan melalui pelatihan dasar kepemimpinan untuk membangkitkan hasrat dominasi yang dimiliki manusia.

Seorang pemimpin dituntut untuk memiliki kemampuan dan kualifikasi dalam memimpin pengikutnya. Pada level organisasi, pemimpin memberikan visi dan misi yang ingin diraih organisasi, memandu arah dan tujuan organisasi berjalan dan dapat mendorong pengikutnya untuk terus bergerak demi mencapai tujuan tersebut.

Beberapa pemimpin memiliki karisma yang terpancar dari diri mereka yang dengan sendirinya dapat menarik orang-orang di sekitarnya untuk mengikutinya.

Selain itu, pemimpin juga harus mengetahui dan memahami keadaan para pengikutnya. Kelebihan dan kekurangan dari setiap pengikut diselaraskan dengan menempatkan mereka pada bagian yang tepat sehingga setiap pengikut dapat memaksimalkan potensi mereka di bawah arahan pemimpin.

Halaman selanjutnya >>>
Latest posts by Awwal Khasan Sadzali (see all)