Pengamat Politik: Demokrat Bisa Jadi Minta Jatah Menteri ke Jokowi

Nalar Politik Partai Demokrat disinyalir minta jatah menteri di Kabinet Kerja Jokowi-Jusuf Kalla. Hal tersebut diterangkan oleh pengamat politik dari Universitas al-Azhar Indonesia (UAI) Ujang Komarudin.

Dasar penilaiannya diambil dari dua momen penting yang akhir-akhir menjadi perhatian besar publik Indonesia. Pertama, pertemuan antara Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan Presiden Joko Widodo dan putranya Giran Rakabuming dalam rangka peresmian The Yudhoyono Institute pada Kamis (10/8/2017).

Yang kedua, yakni pertemuan antara mantan Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dengan Megawati Soekarnoputri dalam peringatan HUT RI ke-72.

Momen tersebut, di samping menyejukkan perpolitikan dalam negeri, Ujang juga memaknainya sebagai sinyal perubahan sikap politik partai besutan SBY tersebut.

“Saya kira pertemuan-pertemuan tersebut sangat menyejukkan perpolikan Indonesia. Masyarakat akan membaca bahwa dua kubu yang belakangan terkesan berseberangan, ternyata mampu bertemu dalam bingkai persatuan,” kata Ujang seperti dilansir JPNN, Jumat (18/8/2017).

Lanjut Usang, selain sangat bermanfaat bagi perkembangan perpolitikan Indonesia, dua momentum di atas juga merupakan langkah cerdas, baik oleh pemerintah maupun pihak Partai Demokrat.

Maka tak salah jika muncul segenap anggapan yang menyatakan bahwa Partai Demokrat kini tengah berupaya merapat ke pemerintah.

“Politik itu kan seni kemungkinan dan tergantung kepentingan. Wajar jika Demokrat merapat ke pemerintah. Karena pada dasarnya berpartai itu kan untuk memerintah atau dekat dengan pemerintah, bukan diperintah,” ucap Ujang kembali.

Ketika ditanya perihal pertemuan tersebut apakah mengindikasikan Demokrat minta jatah menteri di Kabinet Kerja, apalagi tersiar kabar akan ada reshuffle kabinet, hal itu pun tak ditampik oleh Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) tersebut.

“Tidak ada yang tidak mungkin. Tapi, sepertinya Demokrat masih memilih di luar pemerintahan,” pungkas Ujang.

___________________

Artikel Terkait: