Pentingnya Kerja Sama Desa untuk Kemajuan Bersama

Pentingnya Kerja Sama Desa untuk Kemajuan Bersama
┬ęKompas

Pentingnya Kerja Sama Desa untuk Kemajuan Bersama

Desa merupakan salah pemukiman orang-orang yang umumnya lebih kecil dibandingkan dengan kota dan cenderung memiliki struktur sosial dan ekonomi yang lebih sederhana. Desa yang dipimpin oleh seorang Kepala Desa biasanya terdiri dari sejumlah penduduk yang signifikan.

Dari tahun ke tahun, desa mengalami banyak perubahan dan peningkatan. Perubahan dan peningkatan tersebut dapat kita ketahui melalui proses perkembangan infrastruktur pembangunan, ekonomi, sosial, dan budaya.

Namun, kerja sama antara desa tidak berjalan secara signifikan. Padahal, itu juga sebenarnya sangat berpengaruh dalam mendorong peningkatan pembangunan, perekonomian dan keamanan setiap desa dengan desa lainnya.

Apa saja yang menjadi kerja sama desa dalam struktur pembangunan, ekonomi, dan sosial? Apa manfaatnya bagi masyarakat desa?

Kerja sama antara desa merupakan faktor kunci dalam mencapai kemajuan bersama. Dalam era globalisasi ini, desa-desa tidak dapat lagi beroperasi secara terisolasi. Mereka harus saling bekerja sama untuk mengatasi tantangan yang dihadapi dan memanfaatkan peluang yang ada.

Salah satu alasan mengapa kerja sama antara desa sangat penting adalah karena desa-desa sering kali memiliki sumber daya yang terbatas. Dengan bekerja sama satu sama lain, desa dapat saling berbagi sumber daya dan mengoptimalkan penggunaannya.

Misalnya, desa yang memiliki sumber daya air yang melimpah dapat berbagi air dengan desa-desa yang kekurangan air. Hal ini akan membantu desa yang kekurangan air untuk memenuhi kebutuhan air mereka dan meningkatkan kualitas hidup penduduknya.

Baca juga:

Selain itu, kerja sama antara desa juga dapat meningkatkan efisiensi dalam pengelolaan sumber daya. Dengan hasil kerja sama, desa-desa dapat menyatukan kekuatan mereka dalam mengelola sumber daya alam seperti hutan, sungai, dan lahan pertanian. Seperti, desa-desa dapat membentuk kelompok tani bersama untuk mengelola lahan pertanian secara kolektif.

Dengan cara ini, mereka dapat memanfaatkan teknologi modern dan praktik pertanian yang berkelanjutan untuk meningkatkan hasil panen dan mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan.

Selain manfaat ekonomi dan lingkungan, kerja sama antara desa juga dapat memperkuat ikatan sosial antara penduduk desa. Dengan bekerja sama, penduduk desa dapat saling mendukung dan membantu satu sama lain dalam menghadapi masalah dan kesulitan yang dialami suatu desa.

Misalnya, desa-desa dapat membentuk kelompok gotong royong untuk membersihkan lingkungan dan memperbaiki infrastruktur desa. Hal ini tidak hanya akan meningkatkan kualitas hidup penduduk desa, tetapi juga memperkuat rasa kebersamaan dan solidaritas di antara masyarakat desa.

Dalam era digital ini, kerja sama antara desa juga dapat ditingkatkan melalui penggunaan teknologi informasi dan komunikasi. Semua masyarakat desa dapat menggunakan platform online untuk berbagi informasi, pengalaman dan sumber daya.

Misalnya, masyarakat desa dapat menggunakan aplikasi media sosial untuk mempromosikan produk-produk lokalnya kepada masyarakat luas. Dengan cara ini, desa-desa dapat meningkatkan pendapatan mereka dan memperluas jangkauan pasar.

Menurut saya, kerja sama antara desa ini sangat bermanfaat bagi masyarakat desa jika diterapkan dan dijalankan oleh seluruh pemerintah desa. Karena dapat membantu masyarakat dalam masalah perekonomian. Dengan adanya kerja sama antar desa, masyarakat dapat memanfaatkan peluang untuk memperbaiki kondisi ekonominya secara bertahap.

Namun, kerjasama antar desa ini mengalami banyak kendala untuk dijalankan. diantaranya adalah kurangnya sosialisasi undang-undang tentang desa, masyarakat minim dalam akses informasi desa dan kurangnya keterbukaan pemerintah desa dalam menyampaikan informasi desa.

Baca juga:

Padahal pada undang-undang nomor 6 tahun 2014, pasal 91 menerangkan nahwa desa dapat mengadakan kerja sama dengan desa lain atau kerja sama dengan pihak ketiga. Seperti pembangunan usaha bersama milik desa, kegiatan masyarakat desa dan keamanan desa.

Oleh karena itu, kita sebagai masyarakat desa wajib berpartisipasi aktif dalam mendapatkan informasi tentang desa, supaya kita dapat memahami dan menjalankan sesuai dengan regulasi dan undang-undang desa yang ada. Tidak lain dan tidak bukan manfaatnya oleh kita dan untuk kita.

Afe Erma Telaumbanua