Pentingnya Pendidikan Etika Libertarian sejak Dini

Pentingnya Pendidikan Etika Libertarian sejak Dini
©Myke

Nalar Politik – Aktivis Forum Libertarian Indonesia Nanang Sunandar menegaskan pentingnya pendidikan etika libertarian sejak dini. Hal tersebut menurutnya perlu sebab prinsip-prinsip dalam libertarianisme, seperti self-ownership dan property ownership, adalah fondasi dari harkat dan martabat setiap manusia yang harus negara jamin perlindungannya.

“Dua prinsip ini penting bagi mereka yang bergelimang harta. Tetapi sangat penting atau bahkan segalanya jika Anda adalah rakyat jelata yang tidak memiliki cukup sumber daya untuk membeli kebebasan,” kata Nanang dalam keterangan tertulisnya.

Direktur Institut Demokrasi dan Kesejahteraan Sosial (Indeks) itu pun tidak hanya beromong kosong. Ia mengaku telah menerapkan ajaran tersebut dalam lingkungan keluarganya sendiri.

“Dua anak saya sudah saya kenalkan etika libertarian sejak dini: (1) JANGAN ambil kebebasan orang lain yang tidak mengancam kebebasan kamu atas diri dan harta bendamu; (2) LAWAN dengan segala cara yang kamu bisa ketika diri dan harta bendamu terancam; dan (3) NEGARA memang penting, but (shit!) it is still an EVIL.”

Alasan kenapa Nanang Sunandar merasa harus memperkenalkan prinsip-prinsip libertarian ini kepada anak-anaknya sejak dini sangat sederhana. Selain diri dan sedikit harga benda yang dipunyai, ia menyadari kalau keluarganya bukanlah keluarga kaya raya yang bisa membeli kebebasan.

“Tidak masalah jika Anda berpikir saya telah mempolitisasi anak, mengeksploitasi anak dengan pandangan politik saya. Saya akan tetap menghargai kebebasan Anda untuk berpikir dan berpendapat selama Anda tidak mengancam kebebasan saya—dan orang-orang yang saya sayangi—atas diri dan sedikit harga benda yang kami punya.” [fa]

Baca juga: