Peringati Hari Pahlawan, IKAMA Sulbar Gelar Ziarah dan Mimbar Orasi

Peringati Hari Pahlawan, IKAMA Sulbar Gelar Ziarah dan Mimbar Orasi
Pamflet

Nalar PolitikIkatan Keluarga Mahasiswa Mandar Sulawesi Barat – Yogyakarta (IKAMA Sulbar-Yk) akan menggelar ziarah ke makam-makam pahlawan serta mimbar orasi dan baca puisi. Agenda ini akan berlangsung besok, Jumat (10/11/2017), dalam rangka Peringatan Hari Pahlawan Nasional yang jatuh setiap tanggal 10 November.

“Ini merupakan salah satu upaya membangun keterhubungan antara generasi milenial dengan generasi yang dulu pernah memperjuangkan bangsa ini,” terang Ketua Ikama Sulbar Hairil Amri.

Agenda bertema “Memaknai Sejarah Mengharga Pahlawan” ini akan dimulai pada pukul 07.30 WIB. Titik kumpul berada di Asrama Manakarra, Jl. Glagah Sari, Yogyakarta.

“Pertama-tama akan ziarah ke makam pahlawan HOS Cokroaminoto. Setelah itu berlanjut ke makam Jenderal Sudirman di Kusumanegara, yang kemudian akan berakhir di Nol KM Malioboro untuk menggelar mimbar orasi dan pembacaan puisi,” lanjut Idit sapaan akrab Ketua Ikama.

Peringati Hari Pahlawan, IKAMA Sulbar Gelar Ziarah dan Mimbar Orasi

Seruan Persatuan

Selain seremonial peringatannya, Ikama Sulbar juga memviralkan ucapan selamat hari pahlawan dalam bentuk gambar. Mereka serukan kepada semua, terutama warga Ikama Sulbar di Yogyakarta, untuk bersama-sama memaknai momentum krusial ini sebagai titik perjuangan ke depan.

“Perjuangan belum selesai. Ini seruan yang kami viralkan di media-media sosial sekaligus ajakan untuk turun bersama memaknai hari pahlawan,” lanjut Idit.

Hal senada juga disampaikan oleh Nasaruddin Ali, Wakil Ketua Ikama Sulbar-Yk. Ia menegaskan bahwa agenda ini merupakan langkah Ikama dalam membangun kesadaran para mahasiswa Sulbar sebagai warga negara Indonesia.

“Jasa dan karya para pahlawan kita harus dihargai. Maka, 10 November ini mesti kita jadikan spirit, terutama bagi warga Ikama Sulbar, untuk menciptakan masa depan bangsa yang lebih progresif, bukan malah menjadi generasi perusak,” tandasnya.

Ia juga menegaskan bahwa semangat dan kepribadian para pahlawan adalah kunci kemenangan bangsa Indonesia.

“Maka wajib untuk kita peringati bersama,” pungkas Nasar.

Acara yang sepenuhnya didukung oleh 4 (empat) ikatan daerah kabupaten, yakni IPMMY, IPMAJU, IPMATENG, dan IPMASA, serta para sesepuh warga Mandar yang tergabung dalam KKMSB Cabang DIY ini juga rencananya akan dirangkai dengan bedah film “Raden Ajeng Kartini”. Bedah film sendiri akan digelar pada Sabtu malam, 11 November 2017 di asrama mahasiswa Mamuju.

___________________

Artikel Terkait: