Pesan Ketua MPR untuk Mahasiswa Baru: Jadilah Tuan Bukan Kuli

Nalar Politik Adalah pesan Ketua MPR RI Zulkifli Hasan kepada ribuan mahasiswa untuk bercita-cita menjadi tuan bukan kuli. Hal tersebut ia tegaskan ketika berorasi ilmiah dalam rangka penerimaan mahasiswa baru di Universitas Telkom Bandung, Senin (14/8/2017).

“Kita harus menjadi tuan di negeri sendiri dan tidak lagi jadi kuli di negeri orang,” imbaunya.

Pesan Ketua MPR yang demikian seolah Zulkifli ingin menjawab keresahan seorang novelis kenamaan Indonesia Pramoedya Ananta Toer. Dalam kisanya di Bumi Manusia, Pram pernah mengklaim bahwa Indonesia adalah negeri budak; budak di antara bangsa dan budak bagi bangsa-bangsa lain.

Hidup Mandiri

Terlepas dari itu, tentu Ketua MPR ini menghendaki mereka (mahasiswa baru) untuk kelak bisa hidup mandiri, tidak menggantungkan hidupnya pada orang lain, termasuk sekalipun kepada orangtuanya di kemudian hari.

Lagi-lagi, seperti kata Pram, “Semakin tinggi sekolah, bukan berarti semakin menghabiskan makanan orang lain. Harus semakin mengenal batas.”

Di acara itu juga, Zulkifli pun tak lupa menegaskan bahwa mahasiswa adalah calon penerus cita-cita bangsa. Untuk itu, harapnya, mahasiswa perlu untuk menempatkan ilmu pengetahuan sebagai alat atau medium utamanya.

“Generasi muda harus merebut masa depan dengan ilmu pengetahuan,” imbuhnya.

Sebagai civitas akademika, Zulkifli juga mengimbau kepada para calon penerus cita-cita bangsa ini untuk terus menjadikan kampus sebagai arena perubahan, terutama dalam hal menjaga nilai-nilai luhur keindonesiaan, seperti toleransi dalam keberagaman.

“Sudahi bicara soal suku dan agama yang sudah selesai 71 tahun lalu. Apa pun latar  belakangnya, di Republik ini, semua punya hak yang sama untuk jadi apa pun,” tegasnya.

Dengan membandingkan dirinya saat sekolah dulu, Zulkifli pun tak lupa memantik mahasiswa-mahasiswa baru untuk terus mengejar cita-cita setinggi-tingginya. Zulkifli berharap dan optimis bahwa mereka, para generasi muda ini, akan menjadi tulang punggung bangsa yang jauh lebih baik dari generasi sebelumnya.

“Kalau yang pas-pasan seperti saya saja bisa jadi menteri dan sekarang Ketua MPR, maka saya optimis, adik-adik bisa jauh lebih baik,” pungkas Zulkifli.

___________________

Artikel Terkait: