Polemik Pembaruan Pemikiran Islam Ahmad Wahib

Polemik Pembaruan Pemikiran Islam Ahmad Wahib
©iyig

Selama kurun waktu lima tahun (1968 – 1973), Ahmad Wahib rajin dan tekun menulis. Ia menulis dan terus menulis hingga melahirkan sebuah catatan harian yang sangat fenomenal.

Sebagaimana Soe Hok Gie dengan Catatan Seorang Demonstran-nya, tema-tema yang Wahib tulis juga cukup bervariasi. Dari masalah kemahasiswaan, keilmuan, politik, kenegaraan, pemerintahan, kebangsaan, kemasyarakatan, hingga keagamaan (Islam), semua dikupas sebagai refleksi realitas.

Ya, catatan hariannya merefleksikan pergulatan dan pergumulan pemikiran seorang pemuda yang gelisah menanggapi isu-isu yang menjadi perhatiannya. Pada tahun 1981, atas prakarsa Djohan Effendi dan Ismed Natsir, catatan harian itu kemudian diterbitkan dalam bentuk buku dengan judul yang sangat menarik: Pergolakan Pemikiran Islam (PPI).

Sebagai respons atas polemik yang beredar terhadap catatan-catatan tersebut, buku Polemik Pembaruan Pemikiran Islam Ahmad Wahib ini berusaha mengajak pembaca untuk berpikir jernih dan kritis dalam menanggapi ide, gagasan, dan pemikiran Ahmad Wahib.

Penulis menawarkan cara pandang dan cara berpikir yang jauh berbeda dari cara pandang, cara berpikir, dan pemikiran Wahib yang ia paparkan dalam buku PPI-nya.

Riwayat buku:
  • Judul: Polemik Pembaruan Pemikiran Islam Ahmad Wahib
  • Penulis: Prof. Dr. H. Faisal Ismail
  • Penerbit: Basabasi
  • Tebal: 264 hlm
  • Tahun: 2018
Kontak pemesanan di IYIG Bookstore:
    IYIG Bookstore
    Latest posts by IYIG Bookstore (see all)