Pulau Sempu, Surga yang Tersembunyi

Pulau Sempu, Surga yang Tersembunyi
Foto: ourtripaddress.blogspot.co.id

Mari sejenak melupakan realitas dunia modern. Kini saatnya kita memasuki kawasan hutan konservasi yang menyembunyikan sebuah Laguna nan memukau di Jawa Timur. Kawasan terpencil yang jauh dari keramaian ini bernama Pulau Sempu.

Secara administratif, Pulau Simpu masuk dalam wilayah Desa Tambak Rejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Malang, Jawa Timur. Letaknya kira-kira 30 KM di sebelah selatan Kota Malang.

Untuk menempuhnya sendiri, ada dua jalur alternatif yang dapat kita ambil dari Malang ke Sendang Biru sebagai titik terdekat menuju Pulau Simpu. Ada jalur antar kota Malang – Bululawang – Turen – Sumbermanjing Wetan – Sendang Biru – Pulau Sempu. Bisa juga mengambil jalur Malang – Kepanjen – Gondanglegi – Turen – Sumbermanjing Wetan – Sendang Biru – Pulau Sempu.

Sebagai salah satu destinasi wisata di Indonesia, Pulau Simpu tentu terkenal akan pesona alamnya yang eksotis nan memukau. Ragam pesona alamnya dilengkapi dengan berbagai jenis ekosistem, seperti hutan pantai, hutan bakau, dan hutan tropis dataran rendah. Hutan-hutan ini yang banyak mendominasi keseluruhan ruangnya. Ini sekaligus membuatnya melekat di hati para pengunjung dan wisatawan yang hendak sekadar menenangkan pikiran.

Salah satu daya tarik utama dari pulau kecil nan cantik ini adalah danau Laguna Segara Anakan. Letaknya sekitar 2,5 KM dari arah selatan dengan luas sekitar 4 hektar. Danau ini terbentuk sejak berjuta-juta tahun yang lalu. Ia merupakan kawasan cagar alam yang dilindungi Pemerintah Kota Malang.

Keindahan Laguna Segara Anakan nampak dari adanya bukit-bukit karang menjulang tinggi yang mengelilinginya. Keberadaan bukit-bukit karang ini membuat ombak laut selatan yang ganas tidak dapat masuk sepenuhnya ke dalam Segara Anakan. Justru dengan begitu, percikan deburan ombak yang masuk melalui lubang karang. Dan itu memberi pemandangan yang mungkin sangat jarang bisa kita jumpai sebelumnya.

Belum lagi pantainya yang berpasir putih dengan birunya air yang relatif tenang dan terpisah dari lautan lepas. Maka kiranya pas untuk memanjakan diri dengan sekadar mengarungi samuderanya dengan berenang. Ya, Segara Anakan menyuguhkan suasana intim dan privat. Sehingga sangat cocok untuk berdiam diri melepas penat dalam beberapa hari.

Selain danau Laguna, Pulau Sempu juga punya danau air tawar yang dikenal dengan nama Telaga Lele. Sesuai dengan namanya, ikan lele dan mujair adalah jenis ikan yang banyak dijumpai di Telaga Lele. Air telaganya yang jernih dan tenang adalah penjamin kebutuhan air tawar bagi beraneka jenis satwa yang tinggal dalam hutan yang mengelilinginya.

Suasana di sekitar telaga yang tenang dan jauh dari keramaian ini membuat wilayah telaga sering menjadi tujuan, terutama untuk sejumlah kegiatan spiritual. Apabila Anda termasuk golongan penakut, lebih baik jangan coba-coba ke daerah ini. Hutan yang rapat oleh pepohonan dan semak belukarnya terkesan membuat suasana sedikit mencekam. Belum lagi adanya mitos bahwa siapa pun yang menangkap ikan lele dari telaga ini akan mengalami malapetaka.

Hal menarik lainnya yang dapat kita rasakan ketika bertandang ke pulau kecil penuh keindahan ini adalah nuansa petualangannya. Sebagai contoh, ketika ingin menjamah Laguna Segara Anakan, misalnya, petualangan dimulai dengan menyeberangi selat dari Pantai Sendang Biru menuju Teluk Sumut (Ant Bay) di Pulau Sempu.

Dari sini, perjalanan dilanjutkan melalui jalur tracking. Waktu yang ditempuh selama kurang lebih dua jam melalui hutan lebat dan melintasi jalan curam dan terjal sebelum tiba di lokasi Laguna. Meski jalur yang dilalui agak sulit dan licin, tetapi usaha menyaksikan keindahan yang ditawarkan Laguna cantik yang tersembunyi ini memang layak diperjuangkan.

Melengkapi indahnya panorama Jawa Timur, pulau Sempu ini ditumbuhi pepohonan tropis seluas 877 hektar. Menjadi ssalah satu cagar alam yang dikelola oleh Balai konservasi Sumber Daya Alam Jawa Timur (BBKSDA) dan Departemen Kehutanan Indonesia. Meski belum setenar destinasi wisata yang lain, namun pesona yang menjanjikan di pulau ini dapat merangkul segala penak. Gejolak senantiasa bisa menjadi ribuan kenyamanan ketika mengunjungi surga tersembunyi di balik pulau kecil ini.

Kelestarian alam di Pulau Sempu dan telaga Segara Anakan yang jauh dari peradaban ini dapat menjernihkan pikiran dan tubuh yang penat dengan rutinitas sehari-hari. Pulau Sempu beserta telaga Segara Anakan-nya jelas merupakan salah satu bukti bahwa Indonesia kaya akan keindahan alam yang tiada ada habis-habisnya untuk kita kagumi.

Anda tidak akan menemui perkampungan atau penghuni selain berbagai jenis satwa liar yang sebagian besar termasuk dalam satwa yang dilindungi dan mungkin belum pernah Anda jumpai di daerah lain. Beberapa jenis satwa yang terdapat di Pulau Sempu, di antaranya lutung jawa, kera hitam, kera abu-abu, kijang, dan kancil.

Beberapa sumber meyakini bahwa spesies binatang buas, seperti ular sanca, macan tutul, dan macan kumbang (macan hitam) juga masih berkeliaran di kawasan sekitar Pulau Sempu.

Ada beberapa saran sebelum mengepak tas untuk berpetualang ke Pulau Sempu. Di antaranya sebagai berikut:

  1. Melapor kepada pihak pengelola sebelum melakukan penjelajahan, camping, atau aktivitas apa pun di Pulau Sempu. Mintalah saran dan petunjuk tentang lokasi camping, sumber air, dan tempat yang tepat jika mendadak ingin buang air besar/kecil. Ini penting agar pengelola dan pihak keamanan dapat segera bertindak jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
  2. Bawa beberapa kantong plastik besar sebagai tempat sisa-sisa makanan, minuman, atau apa saja yang telah di Hal ini penting sebab Segara Anakan yang sering digunakan sebagai lokasi camping oleh wisatawan semakin lama tampak makin kumuh oleh sampah yang berserakan.
  3. Jangan teledor dan melakukan hal-hal yang tak senonoh, seperti minum minuman keras atau pacaran di hutan. Anda nggak mau, kan, ketika lagi enak-enaknya indehoi lantas mendadak diterkam macan dari belakang?

Begitulah sedikit cemilan khusus sebelum memulai perjalanan ke Pulau Sempu. Nah, kiranya semakin lengkap rasanya untuk berkunjung ke pulau yang indah memukau yang menjadi surga dengan segala suguhan alamnya ini. Selamat berpetualang.

*Nuruyunan, Mahasiswa asal Nusa Tenggara Barat

___________________

Artikel Terkait:

    Kontributor

    Kontributor Nalar Politik
    Kontributor

    Latest posts by Kontributor (see all)