Relawan Jokowi Disebut Tidak Punya Pengaruh Besar di Pilpres 2024

Relawan Jokowi Disebut Tidak Punya Pengaruh Besar di Pilpres 2024
©Tempo

Nalar Politik – Peneliti dari Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, Adjie Alfaraby, menyebut Relawan Jokowi yang berhasil mengantarkan Joko Widodo sebagai presiden dua periode tidak punya pengaruh besar lagi di Pilpres 2024.

“Saya pikir ini, kan, yang muncul ke publik adalah relawan-relawan Jokowi yang berbicara. Artinya, banyak juga kalau bicara relawan seorang calon presiden yang dalam pengalaman kita ini, kan, segmennya beragam, jumlah kelompoknya juga sangat beragam, sehingga saya pikir pengaruh relawan itu tidak signifikan dari pengaruh tokohnya sendiri,” katanya saat jumpa pers virtual, Kamis (17/6).

Secara tokoh, menurut Adjie, Jokowi memang dapat memberikan pengaruh untuk endorsement terhadap salah satu calon di Pilpres 2024. Namun, untuk Relawan Jokowi, ia dinilai hanya sebagai penjaring pemilih yang punya kinerja cukup baik.

“Artinya, sebagai mesin, mereka oke. Mereka bisa menjadi kekuatan untuk menjaring pemilih.”

Oleh karena itu, tekan Adjie, Relawan Jokowi tidak akan pernah punya pengaruh besar layaknya relawan-relawan politik lainnya. Meski tetap menyadari bahwa dukungan seorang Jokowi berpengaruh signifikan.

“Untuk pengaruh secara elektoral, banyak juga relawan dari masing-masing calon presiden ini beragam segmen, sehingga tidak bisa kita sebut bahwa relawan seorang capres punya pengaruh besar. Tapi kalau tokohnya sendiri memang cukup berpengaruh.”

Presiden Jokowi sebelumnya menyebut relawannya sudah mulai ditarik-tarik oleh para calon di Pilpres 2024. Jokowi meminta relawan sabar karena dia pasti akan menentukan sikap.

Hal ini disampaikan Jokowi dalam sambutan Rapat Pimpinan Nasional Relawan Seknas Jokowi seperti ditulis Minggu (13/6). Mulanya, Jokowi menyebut relawan-relawannya memang seksi di mata tokoh politik.

“Akan menjadi rebutan banyak pihak untuk didekati. Kenapa begitu, karena para relawan ini telah terbukti bisa mengantarkan, mengantarkan saya menjadi presiden Republik Indonesia 2 periode. Bener, nggak?” ujar Jokowi.

Jokowi mengungkapkan memang sudah ada relawannya yang ditarik mendukung calon tertentu, tapi lebih banyak yang sabar. Jokowi mengimbau para relawan bersabar dan tidak terburu-buru menentukan peta politik 2024.

“Dan sekarang saja sudah ada relawan Jokowi yang ditarik-tarik untuk mendukung A, sudah ada yang dirayu-rayu untuk mendukung si B, dan dirangkul oleh si C, dan sebagainya. Tapi masih lebih banyak lagi relawan yang masih menunggu.”

Baca juga: