Rounding Bottom Pattern di New Zealand Dollar vs Japanese Yen

Rounding Bottom Pattern di New Zealand Dollar vs Japanese Yen
©MetaTrader

Market News – Salah satu reversal pattern yang juga paling ampuh membalikkan harga adalah Rounding Bottom Pattern. Pola ini sangat langka, membutuhkan waktu berbulan-bulan hingga beberapa tahun untuk terbentuk.

Meski gambarannya mirip Cup & Handle Pattern, Rounding Bottom Pattern harus selalu muncul di akhir tren. Yang pertama melanjutkan tren (continuation), yang kedua membalikkan (reversal). Sebatas ini saja perbedaannya.

Grafik New Zealand Dollar vs Japanese Yen (NZDJPY) hari ini mungkin bisa jadi contoh terbaik. Walau teridentifikasi di time frame satu jam (H1), bukan berarti keampuhan pola ini akan tereduksi.

Di samping sesuai pola dasar, volumenya pun menunjukkan tanda-tanda utama: cenderung mengerucut ke atas. Bukan hal mustahil jika NZDJPY benar-benar akan bergerak mengikuti Rounding Bottom Pattern ke depan.

Jika Anda ingin memanfaatkannya dengan baik, hal pertama yang harus Anda tanamkan adalah pengaplikasian gaya trading. Alih scalping atau swing, day trading adalah gaya paling pas dalam hal  ini.

Kedua, meski agak telat, penembusan level resistensi sebagai penanda dimulainya pola kian menegaskan aksi BUY jadi satu-satunya pilihan. Level ini tergolong resistensi klasik di D1.

Jika Anda entry sekarang, setidaknya masih berpeluang besar untuk mendapatkan 700-an pips sebelum pola berakhir. Kecil tak mengapa, yang penting profit.

Lagi pula, setelah mencapai level utama, masih ada resistensi-resistensi lainnya yang bisa Anda kejar, yakni di kisaran 78,826 dan 79,232, di mana 82,354 jadi titik tren terakhir.

Selamat berdagang, guys.

Baca juga:
Swing Man