Saatnya Dagang NZDJPY, Kata Elliott Wave

Saatnya Dagang NZDJPY, Kata Elliott Wave
©Trading View

Market News – Saatnya dagang NZDJPY. Berikut ini beberapa alasannya menurut teori Elliott Wave.

Meski terlihat agak telat, konfirmasi model inilah yang paling Swing Man tunggu-tunggu di pair Forex mana pun, termasuk yang sekarang muncul di New Zealand Dollar vs Japanese Yen.

Setidaknya ada empat alasan kenapa Swing Man sangat yakin bahwa pasangan mata uang asing ini akan bergerak mengikuti teori Elliott Wave, dalam hal ini Elliott Impulse Wave.

Elliott Impulse Wave atau Motive Wave merupakan gelombang yang bergerak ke arah tren yang lebih besar dengan derajat yang lebih tinggi. Wave 1, 3, dan 5 merupakan yang utama, dan cenderung memberi peluang yang lebih baik.

Pertama, titik berangkatnya bermula dari candlestick pattern yang bersifat bullish bernama Morning Star. Ini merupakan salah satu pola pembalikan yang cukup ampuh yang bisa kita temui dari kondisi downtrend.

Kedua, pola tersebut diikuti oleh pola bullish lainnya, yakni Three White Soldiers. Kemunculannya menunjukkan bahwa telah terjadi pelemahan nyata dalam downtrend, dan segera akan membalik keadaan menjadi uptrend.

Ketiga, koreksi yang terjadi pada wave 2 tidak melampaui dasar wave 1. Ia berada di antara retracement Fibonacci 61,8% dan 78,6 persen.

Dalam aturan teori Elliott Wave, koreksinya kadang-kadang juga mencapai 100% dari wave 1, tetapi tidak boleh melampaui dasar wave 1. Ketika menyalahi, ia tidak bisa kita sebut sebagai wave koreksi.

Keempat, pergerakan wave 3 telah secara nyata menembus puncak wave 1. Menembus artinya terdapat satu bar yang telah menutup diri di atas wave 1.

Baca juga:

Berdasarkan keempat alasan di atas, maka saatnya dagang NZDJPY menjadi pilihan rasional bagi Swing Man.

Ingat: wave 3 tidak pernah menjadi wave terpendek di antara wave impuls lainnya (1, 3, 5). Biasanya wave ini merupakan yang terpanjang dan bisa mencapai tingkat proyeksi Fibonacci 161,8% atau 261,8% dari wave 1.

    Swing Man