Senangnya Belajar Ilmu Pemerintahan

Senangnya Belajar Ilmu Pemerintahan
©BvW Global

“Ilmu pemerintahan adalah disiplin ilmu yang mempelajari tentang bagaimana pemerintahan dan sistem politik beroperasi.”

Setiap tahun ada ribuan siswa dan siswi yang menamatkan diri di bangku pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Setelah tamat SMA dan SMK, ada yang menganggur, ada yang kerja, dan ada juga yang melanjutkan studi ke perguruan tinggi.

Pelajar yang menamatkan diri di bangku sekolah dan ingin melanjutkan studi ke perguruan tinggi sebagian besar kadang-kadang bingung dalam menentukan jurusannya saat mau mendaftar kuliah.

Dulu pernah saya mengalami hal yang sama. Pada 2019, saya menamatkan diri di salah satu Sekolah Menengah Atas (SMA) yang ada di kampung saya sendiri. Selama tiga tahun belajar di SMA, kebetulan waktu itu saya memilih jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), yang fokus pada Fisika, Kimia, dan Biologi.

Selama enam tahun belajar di Sekolah Dasar (SD), dan tiga tahun belajar di Sekolah Menengah Pertama (SMP), saya suka belajar Matematika (ilmu hitung). Sehingga waktu tamat SMP dan masuk SMA, saya langsung memilih jurusan IPA.

Selain suka belajar Matematika, ada alasan lain yang membuatku makin tertarik memilih jurusan IPA, yaitu tamat SMA kelak saya mau menjadi guru di salah satu mata pelajaran yang saya pelajari di bangku SMA, di antaranya guru matematika, fisika, dan kimia.

Setelah beberapa bulan saya lulus SMA, saya pergi ke Kota Medan dan mau melanjutkan studi di perguruan tinggi yang ada di Medan. Setelah sampai di Medan, saya mengikuti beberapa tes atau seleksi kuliah gratis dan bidik-misi. Namun pada waktu itu, rezeki belum berpihak, akhirnya saya tidak lewat seleksi administratif.

Dengan rasa kecewa dan patah semangat, saya pasrah dengan keadaan. Beberapa hari kemudian saya mencoba berdiskusi kepada teman saya dari kampung yang satu kos dengan saya, dan ia merupakan alumni dari salah satu universitas yang ada di kota Medan. Saya coba meminta saran dan solusi. Sarannya sama saya, “Kamu cocok di bidang Ilmu Pemerintahan.”

Baca juga:

Lanjut cerita, saya tanya-tanya seputar ilmu pemerintahan. Dengan respons dan jawaban yang baik, akhirnya saya berkesimpulan memilih jurusan ilmu pemerintahan di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik di Universitas Darma Agung Medan.

Apa Itu Ilmu Pemerintahan?

Ilmu pemerintahan adalah disiplin ilmu yang mempelajari tentang bagaimana pemerintahan dan sistem politik beroperasi. Tujuannya sendiri adalah memahami dan menguraikan tentang fenomena-fenomena politik serta memberikan wawasan tentang bagaimana pemerintahan dapat berfungsi dengan dengan baik, efektif, dan efisien.

Manfaat belajar ilmu pemerintahan adalah kemampuan untuk memahami dan menganalisis isu-isu politik yang kompleks. Yang dapat membantu kita menjadi lebih kritis terhadap berbagai perspektif serta memahami implikasi politik dari keputusan yang diambil.

Belajar ilmu pemerintahan memberikan pemahaman yang mendalam tentang bagaimana pemerintahan bekerja dan bagaimana keputusan politik dibuat. Dan dapat memberikan wawasan yang berharga tentang proses demokrasi dan sistem politik yang ada di berbagai negara.

Studi ini memungkinkan kita untuk memahami peran penting yang dimainkan oleh pemerintah dalam mengatur masyarakat dan menjaga ketertiban. Membantu kita menghargai pentingnya hukum dan aturan dalam menjaga stabilitas sosial.

Mempelajari ilmu pemerintahan juga dapat membantu kita memahami hubungan antara pemerintah dan masyarakat, pemerintah daerah (pemda) dan pemerintah pusat. Hal ini membuka mata kita tentang bagaimana kebijakan publik dapat memengaruhi kehidupan kita sehari-hari dan bagaimana kita dapat berpartisipasi dalam proses pengambilan keputusan.

Menurut hemat saya, belajar ilmu pemerintahan adalah sesuatu hal yang menyenangkan bagiku. Karena  dengan sendirinya secara tidak langsung ia mengajak kita untuk kritis terhadap hasil kebijakan yang dibuat oleh pemerintah dan membantu pemerintah untuk mengedukasi masyarakat terhadap isu-isu politik yang timbul.

Salah satu aspek menariknya adalah mempelajari perbandingan sistem politik dan berbagai teori politik yang telah dikembangkan oleh para pemikir terkemuka. Hal ini memberikan kita kerangka berpikir untuk memahami berbagai ideologi politik dan bagaimana mereka memengaruhi tindakan pemerintah.

Halaman selanjutnya >>>
Afe Erma Telaumbanua