Seruan Energi Asia Jokowi untuk Lombok

Seruan Energi Asia Jokowi untuk Lombok
Nobar Asian Games Presiden Jokowi bersama warga Lombok, Nusa Tenggara Barat | Net

Nalar Politik Presiden Jokowi memang tidak menghadiri penutupan Asian Games 2018. Ia memilih ke Lombok, Nusa Tenggara Barat, menyeru semangat Asian Games (energi Asia) untuk rakyat Indonesia yang tengah dilanda musibah bencana alam.

“Mari kita berdoa bersama untuk saudara-saudara kita di Lombok, mengirimkan energi Asia agar Lombok, Nusa Tenggara Barat kembali pulih, bahkan lebih baik dari sebelumnya,” seru Jokowi dalam sambutannya dari Lombok.

Meski dari jauh, tetapi bersama warga Lombok, Jokowi turut merasakan semangat Asian Games yang serupa dengan mereka yang merayakannya secara langsung di GBK Jakarta.

“Kami merasakan semangat yang sama dengan Anda semua yang berada di GBK Jakarta: semangat kebersamaan, semangat untuk terus bangkit kembali. Dan Asian Games 2018 memang berakhir sampai di sini, tetapi energi dan semangat Asia tidak akan padam.”

Jokowi pun mengaku dipenuhi rasa bangga dan haru sebab Indonesia telah menampilkan wajahnya sebagai bangsa yang besar dan maju, yang mampu menjadi tuan rumah perhelatan besar olahraga dunia se-Asia.

Di sela, Jokowi menghatur selamat dan terima kasih kepada kontingen seluruh negara atas capaian prestasi, kehangatan, dan semangatnya.

“Inilah energi Asia yang sesungguhnya, bersatu membawa kebaikan bagi dunia.”

Presiden Jokowi juga tak lupa menyampaikan apresiasi dan kebanggaan terbesarnya bagi kontingen Indonesia. Berkat optimisme, energi yang positif, perolehan medali emas Indonesia akhirnya jauh melebihi target yang ditetapkan.

“Sebuah raihan tertinggi bagi Indonesia selama penyelenggaraan Asian Games.”

Kepada rakyat Indonesia pun, Jokowi turut mengucap rasa terima kasih. Asian Games 2018 benar-benar sukses berkat kerja sama semua kalangan, sukses menjadikan Indonesia sebagai tuan rumah yang ramah bagi tamunya.

“Semoga momentum ini bisa menjadi energi kita untuk membuat bangsa ini, bangsa Indonesia, menjadi makin besar, makin maju, dan bersatu. Terima kasih. Siapa kita? Indonesia.”