Server Error; Kecuali IG, Facebook dan WA Salahkan Pengguna

Server Error; Kecuali IG, Facebook dan WA Salahkan Pengguna
©SN

Para pengguna di seluruh dunia tidak bisa mengakses ketiga media sosial raksasa milik Mark Zuckerberg sejak Senin malam. Kecuali Instagram, alih-alih terjangkau, server error membuat Facebook dan WhatsApp malah menampilkan kesalahan di sisi pengguna bukan perusahaan.

Saat mencoba membuka Facebook melalui desktop, para pengguna hanya diberikan kode kesalahan berupa DNS_PROBE_FINISHED-NXDOMAIN. Mereka disarankan untuk memeriksa apakah ada kesalahan ketik pada domain yang dimasukkan di bilah alamat.

“This site can’t be reached. Check if there is a typo in www.facebook.com. If spelling is correct, try running Windows Network Diagnostic. (Situs ini tidak dapat dijangkau. Periksa apakah ada kesalahan ketik di www.facebook.com. Jika ejaannya benar, coba jalankan Windows Network Diagnostic.),” kata pesan kesalahan tersebut.

Demikian halnya di WhatsApp. Apa yang tampil saat mencoba untuk mengaksesnya, lagi-lagi, menempatkan kesalahan di sisi pengguna bukan perusahaan.

“Computer not connected. Make sure your computer has an active Internet connection. (Komputer tidak terhubung [Internet]. Pastikan komputer Anda memiliki koneksi Internet aktif.).”

Di Instagram beda lagi. Kode 5xx Server Error terlihat menunjukkan bahwa memang ada yang salah pada server media sosial tersebut. Saat membukanya melalui mobile, pesan yang muncul adalah “We are sorry, but something went wrong. Please try again. (Maaf, ada yang salah. Silakan coba lagi.)” atau “Couldn’t Refresh Feed (Tidak Bisa Menyegarkan Umpan”.

Beberapa saat kemudian, kesalahan di sisi perusahaan mulai tersadari. Pesan yang tampil sudah mengarah ke instrospeksi.

“We are sorry, but something went wrong. We’re working on it and we’ll get it fixed as soon as we can. (Maaf, ada yang tidak beres. Kami sedang mengerjakannya dan akan memperbaikinya sesegera mungkin.).”

    Redaksi
    Latest posts by Redaksi (see all)