Setujukah Anda Jika PNS Koruptor Digaji?

Setujukah Anda Jika PNS Koruptor Digaji?
ICW

Begitu pertanyaan yang Mimin dapat via email change.org. Tajuk petisinya berbunyi: Koruptor Jangan Digaji, Pecat PNS Koruptor!

Petisi itu dimulai oleh Tibiko Zabar Pradano, pegiat antikorupsi dari Komunitas SAKTI ICW. Ia mengharap Presiden RI Jokowi agar Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang sudah divonis bersalah melakukan tindak pidana korupsi segera dipecat.

Menurutnya, PNS koruptor sudah tidak layak menikmati gaji atau uang negara dari rakyat lagi.

“Saya masih ingat betul pada awal Februari lalu, data Indonesia Corruption Watch (ICW) menyebutkan ada 1.400-an lebih PNS koruptor yang belum dipecat. Hingga saat ini, proses pemecatan PNS pun tidak jelas,” tulisnya.

Dan sampai berita itu dilansir, lanjut Tibiko, sudah ada 1.879 PNS yang belum juga dipecat-pecat. Masalah ini jelas berpotensi merugikan negara. Membiarkan masalah ini berlarut adalah bukti bahwa negara turut menghambur-hamburkan uang secara percuma hanya untuk memberi makan para pencuri!

“Saya yakin, kalian semua tentu tidak mau uang pajak yang kita bayarkan malah digunakan untuk menggaji koruptor. Lebih baik untuk para abdi negara yang masih mau kerja, diberikan kepada para pegawai honorer, atau untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik lainnya seperti pendidikan dan kesehatan.”

UU sebenarnya telah mengatur perkara pemecatan PNS itu. Dalam Pasal 87 ayat 4 huruf b (UU Nomor 5 Tahun 2017 tentang ASN) dan Pasal 250 Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS, menyebutkan terang bahwa PNS diberhentikan tidak hormat karena dihukum penjara atau kurungan berdasar putusan pengadilan.

Karena itu, urgensi ketegasan pemerintah begitu mendesak. Seperti harap Tibiko, jangan sampai PNS koruptor yang digaji terus berlanjut. Ini berpotensi membuat aktivitas birokrat jadi terhambat, pelayanan publik tidak berjalan, serta kepentingan rakyat terabaikan akibat korupsi. Negara pun akan merugi besar.

Untuk kalian yang ingin mendukung gerakan Tibiko, ini Mimin kasih link-nya: Koruptor Jangan Digaji, Pecat PNS Koruptor! Sudah ada ribuan pendukung turut menandatangani petisi tersebut. Bergabunglah sekarang juga!

Salam Antikorupsi!

Mimin NP
Mimin NP 40 Articles
Editor Nalar Politik