Sloping Flag di Swiss Franc/Japanese Yen (CHFJPY)

Sloping Flag di Swiss Franc/Japanese Yen (CHFJPY)

Market News – Bagaimana tanggapan Anda ketika melihat Sloping Flag di grafik Swiss Franc/Japanese Yen (CHFJPY) seperti gambar di atas? Mungkinkah akan melanjutkan tren penguatan (bullish) atau justru melahirkan pembalikan (reversal)?

Jika Anda melakukan perbandingan antara pola flag pertama dan kedua, mungkin Anda akan sedikit bingung. Lantaran sama-sama muncul setelah Elliott Impulse Wave, maka mestinya sama-sama menampilkan Elliott Correction Wave juga.

Pada flag pertama memang sudah tepat. Elliott Impulse Wave wajib melahirkan Elliott Correction Wave sebagai pelanjut tren.

Sayang, flag keduanya menyalahi kodrat. Flag pattern harusnya merupakan pola kelanjutan yang umumnya berjangka pendek, tetapi justru menjelma sebagai pola pembalikan. Benar-benar melanggar teori.

Kita tahu pula, Sloping Flag—dalam hal ini Upsloping Flag—harusnya muncul setelah tren menurun (downtrend). Namun, di kasus CHFJPY, pola ini justru hadir setelah uptrend. Di saat-saat seperti inilah Swing Man juga turut bingung.

Lantas, langkah apa yang bisa kita ambil dalam kasus pelanggaran teori atau pola seperti itu?

Pertama, jangan melaporkannya ke pihak berwajib.

Catat baik-baik candaan itu. Anda tidak akan menemukannya di mana-mana; hanya di sini, di laman ini.

Kedua, jangan mau dibikin bingung oleh pelanggaran apa pun yang terjadi dalam sebuah grafik.

Tanamkan keyakinan di diri Anda bahwa Anda adalah subjek penentu. Apa pun yang Anda lakukan dalam pasar (Futures Market) akan tercatat sebagai satu pergerakan tertentu. Yang menentukan pergerakan pasar adalah Anda, bukan sebaliknya.

Ketiga, ikuti teori atau ketentuan Sloping Flag jika ingin masuk.

Jika pilihan Anda adalah BUY, misalnya, masuklah setelah pergerakan harga menembus atau break out dari wave B. Sebaliknya, jika pilihan Anda adalah SELL, masuklah ketika wave C tertembus. Gampang, kan?

Baca juga:

Tapi, tapi, kok saran ketiga itu malah terdengar seperti melanggar saran kedua sebelumnya?

Ah, langgar-melanggar memang napas analisis Swing Man kali ini, Guys. Hehe

Swing Man