Stabilisasi Reformasi

Sementara kebijakan jangka panjang kerap kali mengusik ketenangan rakyat banyak karena dampak-dampak sosial sementara yang timbul darinya. Kebijakan menunda pencabutan subsidi bahan bakar minyak (BBM) adalah kebijakan populis jangka pendek yang sangat penting untuk menahan gejolak rakyat.

Tetapi pencabutan subsidi BBM secara gradual mutlak kita perlukan untuk kemandirian ekonomi di masa mendatang. Keduanya harus kita tempuh, sebab transisi yang terlalu lama berarti berada pada situasi yang tidak menentu yang juga terlalu lama.

Pada situasi di mana rakyat menunggu banyak kemungkinan, maka kemungkinan-kemungkinan yang tidak perlu juga mungkin muncul. Transisi ini harus segera kita akhiri dengan kebijakan-kebijakan yang tidak revolusioner dan memancing gejolak sosial.

Dalam hal ini, pada tingkat tertentu, pemerintah menyadari hal ini. Mereka tidak selamanya harus larut dalam antisipasi masa depan, tetapi juga masa kini yang mendesak.

Robert Dahl pernah memberikan analisis bahwa sebuah negara yang potensial menjadi negara dengan demokrasi yang stabil dan tidak mudah runtuh adalah jika ia telah bertahan selama 20 tahun.

Adalah penting mempertahankan era demokratis ini selama mungkin agar ia menjadi sistem yang kokoh dan tidak mudah digoyang oleh kekuatan non-demokratis apa pun, meskipun dengan itu idealisme harus tertunda dengan kompromi-kompromi jangka pendek.

Baca juga:
Saidiman Ahmad
Latest posts by Saidiman Ahmad (see all)