Terjun ke Dunia Politik, Hamka Ingin Berinvestasi Sosial demi SDM Polman

Terjun ke Dunia Politik, Hamka Ingin Berinvestasi Sosial demi SDM Polman
Hammanur alias Hamka, Caleg PAN untuk DPRD Kab. Polman Dapil III

Nalar PolitikKetua Yayasan Nur Maarif Sepang, Polewali Mandar (Polman) Hammanur alias Hamka terus menggalakkan upayanya demi kemajuan sumber daya manusia daerahnya. Hal tersebut ia upayakan melalui pengembangan ekonomi kerakyatan, di samping meretasnya di jalur pendidikan.

“Tentu, selain di jalur pendidikan sebagaimana Yayasan saya selama ini lakukan, saya juga ingin mengembangkannya melalui ekonomi kerakyatan. Semua ini demi upaya saya mencapai SDM Polman yang benar-benar malaqbi ke depan,” terang Hamka kepada Nalar Politik, Selasa (31/7).

Beberapa hal yang sudah ia lakukan dalam rangka itu adalah terus mengusahakan membawa siswa-siswi Polman, utamanya dari daerah sendiri, Luyo, ke luar daerah. Sebab pendidikan di daerah masih terbilang sangat tertinggal dari daerah-daerah lainnya Polman.

“Tiap tahun selalu saya usahakan begitu. Saya bawa siswa-siswi saya ke Jogja. Harapan saya hanya satu, setelah lulus nanti, mereka dapat kembali ke Polman untuk bersama-sama membangun daerah,” tambahnya.

Tentu, harapan satu-satunya bagi Hamka adalah menjadikan pendidikan sebagai fondasi awal mencipta dan mengembangkan kualitas sumber daya manusia. Apalagi diketahui bahwa Indonesia merdeka lantaran adanya politik etis di wilayah pendidikan.

Terkait ini, Hamka juga mengaku terinspirasi dengan tata kelola SDM di Singapura. Bahwa Singapura, menurutnya, bisa sedemikian maju hanya dengan berfokus pada pengembangan sumber daya manusianya, terutama melalui jalur pendidikan.

“Bukan rahasia lagi. Singapura mampu karena fokusnya pada pengembangan manusia. Kalau Singapura bisa, kenapa kita tidak? Minimal mencontohnyalah,” lanjut Hamka.

Alasan itu pulalah yang mendorong Hamka mengapa dirinya ingin terjun ke dunia politik. Bagi pria kelahiran Sepang (32) ini, melulu mengunggulkan jalur kultural tidak akan pernah maksimal.

“Mau tidak mau, orang harus berjuang juga di wilayah politik. Itulah yang membuat saya maju ke dunia politik praktis. Tujuan saya hanyalah ingin melebarkan sayap pengabdian di wilayah pendidikan ini,” tambahnya kembali.

Seperti diketahui, Hamka merupakan calon anggota legislatif (caleg) dari Partai Amanat Nasional (PAN). Dengan PAN, ia maju untuk DPRD Kabupaten Polman Dapil III (Luyo, Tutar, dan Campalagian).

“Ini bukan kampanye, ya. Tapi ke depan saya akan maju untuk pemilihan legislatif 2019 dari PAN. Semoga dilancarkan saja,” pungkasnya.

_____________

Baca juga:
    Redaksi
    Latest posts by Redaksi (see all)