Tunjuk Eks Koruptor Jadi Wagub DKI Jakarta, Rian Ernest: Ada Apa dengan Gerindra?

Tunjuk Eks Koruptor Jadi Wagub DKI Jakarta, Rian Ernest: Ada Apa dengan Gerindra?
Rian Ernest & Raja Juli Antoni | Metrotvnews

Nalar PolitikCaleg PSI untuk DPR RI Dapil DKI 1 (Jakarta Timur) Rian Ernest mempertanyakan perihal penunjukan eks koruptor sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta. Ia kecewa dengan keputusan Partai Gerindra yang mengusulkan Mohammad Taufik untuk menggantikan posisi jabatan yang ditinggal pergi Sandiaga Uno.

“Kecewa dengan keputusan internal Partai Gerindra. Demi mengisi kekosongan jabatan Wakil Gubernur DKI Jakarta, pihaknya mengusulkan eks koruptor, Mohammad Taufik, sebagai kandidat. Ia diminta menggantikan Sandiaga Uno yang kini maju mendampingi Prabowo Subianto di Pilpres 2019,” kata Rian melalui pernyataan persnya.

Keputusan tersebut, bagi Rian, jelas bermasalah. Itu menunjukkan bahwa Gerindra tidak punya komitmen sebagai partai politik yang antikorupsi.

“Seolah pihaknya, juga negara ini sendiri, kekurangan orang bersih yang bisa menjaga anggaran daerah dari para maling berdasi.”

Rian pun menegaskan sikap bahwa dirinya adalah orang yang paling tidak bisa percaya dengan eks koruptor. Sekalipun berkali-kali bilang kalau yang bersangkutan sudah tobat.

“Kalau dulu pernah terbukti mengkhianati kepercayaan rakyat, kenapa lagi harus kita berikan kesempatan kedua? Membiarkan diri jatuh pada kesalahan yang sama adalah pilihan yang ngaco!”

Lagi pula, lanjut Rrian, negara ini tidak kekurangan orang lurus. Rian Ernest yakin bahwa masih banyak stok orang bagus di tubuh Partai Gerindra sendiri.

“Tetapi penunjukan M Taufik, yang publik tahu sebagai eks koruptor, memaksa saya harus bertanya: ada apa ini, Gerindra?”

Sebagai penangkal, kepada warga DKI Jakarta khususnya, Rian berharap warga bisa terlibat aktif mengambil sikap serupa.

“Untuk warga DKI Jakarta, apakah kita mau jika anggaran daerah kita sebesar Rp70 triliun itu harus dijaga oleh eks koruptor? Yuk mikir! Bersama kita #KawalJakarta.”

Resmi Ditunjuk

Sebelumnya, Ketua DPD Partai Gerindra Mohammad Taufik mengaku telah resmi ditunjuk partainya untuk menjadi calon Wakil Gubernur DKI Jakarta. Ia diharapkan bisa menggantikan Sandiaga Uno yang kini maju sebagai cawapres untuk Prabowo Subianto di Pilpres 2019.

“Ya maju, saya yang mewakili Gerindra. Memang saya disuruh maju, bukan seandainya lagi. Sudah benar gua yang disuruh maju,” ujar Taufik di Gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (17/9).

Hasil tersebut berdasar keputusan pada Rapat Pimpinan DPD Partai Gerindra.

“Ya, sudah keputusan di rapim DPD. Saya yang maju.”

Meski demikian, Taufik masih menunggu turunnya Surat Keputusan (SK) Presiden terkait pemberhentian Sandiaga Uno sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta.

“Nunggu SK Presiden. Saya baru dengan katanya sudah keluar, tapi kan saya belum lihat.”

Ia juga mengatakan sudah melapor ke Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto terkait penunjukan dirinya tersebut.

“Saya sudah lapor. Responsnya, ketawa aja Pak Prabowo.”