Ubbe atau Ubba? Kisah Salah Satu Anak Lelaki Ragnar

Ubbe atau Ubba? Kisah Salah Satu Anak Lelaki Ragnar
©Intercultural

Ubbe atau Ubba? Kisah Salah Satu Anak Lelaki Ragnar

Jika kalian merupakan penggemar dan penikmat cerita atau kisah-kisah para Viking, mungkin sudah tak asing lagi dengan nama Ubba. Ya, Ubba merupakan salah satu anak dari Ragnar Lothbrok (pahlawan legendaris Nordik) yang mengambil peran dalam suksesi kepemimpinan ayahnya.

Beberapa waktu yang lalu saya menonton serial Netflix yang sama-sama mengisahkan antara Viking/Dane dan Saxon dalam ceritanya yakni Vikings (2013) karya Michael Hirst dan The Last Kingdom (2015) karya Stephen Butchard didasarkan pada novel Bernard Cornwell, The Saxon History. Kedua film itu sama-sama membawa peran seorang Viking bernama Ubba, Son of Ragnar dalam pengemasan karakter yang berbeda.

Ubbe

Dalam serial Vikings karya Michael Hirst, Ubbe (diperankan oleh Jordan Patrick Smith) dikisahkan sebagai anak pertama dari Ragnar Lothbrok dan Aslaug. Tokoh Ubbe menghiasi serial Vikings dari mulai season 4 sampai season 6.

Ubbe tumbuh dewasa mengawal adik-adiknya yang lain. Berbeda dengan Ivar yang mewarisi sifat kejam dan tanpa pengampunan, Ubbe mewarisi sifat bijaksana dan penuh perhitungan dari Ragnar Lothbrok.

Ketika Ragnar kembali dari pengasingannya ke Kattegat, ia menemui anak-anaknya dan berkata dengan lantang siapa yang selanjutnya akan menjadi raja menggantikannya. Ragnar kemudian melemparkan pedang untuk menantang duel para anaknya. Hal itu dilakukan untuk menguji keberanian dari anak-anaknya tersebut.

Ketika Hvitserk dan Sigurd hanya diam saja ketika ayah mereka memberikan tantangan, sedangkan Ivar mendapat belas kasihan dari Ragnar. Sementara, Ubbe dengan gugup maju menerima tantangan ayahnya tetsebut. Ragnar pun kemudian memeluknya, dan melihat Ubbe mewarisi sifat keberaniannya itu.

Saat, Lagertha mengambil alih takhta Kattegat dari Aslaug, Ubbe marah dan berencana membunuh Lagertha, namun hal itu dicegah oleh Bjorn Ironside. Ketika Ragnar mati di tangan raja Aelle, para anak-anaknya yakni Ubbe, Bjorn, Ivar, Hvitserk dan Sigurd dengan kompak membalaskan dendam kematian ayahnya dengen meluluh-lantakkan Kerajaan Northumbria dan mengeksekusi raja Aelle dengan blood-eagle.

Baca juga:

Tidak hanya itu, mereka juga menyerang Kerajaan Wessex dan mengalahkan Aethelwulf dalam sebuah pertempuran di Repton. Namun, bibit perpecahan diantara para saudara itu mulai muncul saat Bjorn lebih memilih melanjutkan penjelajahan mereka ke daerah Perancis lalu Spanyol. Sedangkan Ubbe, Hvitserk dan Ivar meneruskan suksesi mereka di Inggris. Akan tetapi Ubbe kemudian meninggalkan mereka berdua dan kembali menjaga Kattegat.

Di Kattegat, Ubbe menjalin keakraban dengan Lagertha, yang membunuh ibunya sendiri, Aslaug. Pada saat perang saudara, Ubbe berada di sisi Lagertha bersama Bjorn dan Halfdan melawan Ivar dan Hvitserk yang berusaha membalaskan dendam kematian ibu mereka.

Tak hanya itu, kebijaksanaan Ubbe juga terlihat saat ia tidak ingin membunuh Hvitserk dalam pertempuran tersebut dan menghentikan Bjorn saat ia mencoba membunuh Rollo pada satu kesempatan. Ubbe menjalin hubungan dengan Torvi, yang sebelumnya merupakan pasangan dari Bjorn.

Dari kelima anak Ragnar dalam serial tersebut, hanya Ubbe dan Hvitserk-lah yang selamat. Sigurd tewas setelah dilempar kapak oleh Ivar dalam sebuah pertengkaran. Bjorn sendiri mati sebagai seorang raja tanpa mahkota Norwegia setelah dilukai oleh Ivar dalam sebuah pertempuran, dan dipanah oleh panglima perang Kievan Rus.

Sedangkan Hvitserk selamat dalam pertempuran melawan raja Alfred yang Agung dari Inggris dan kemudian dibaptis menjadi seorang Kristen dengan nama Athelstan. Sementara Ubbe, melanjutkan perjalanan membawa impian Ragnar dalam mencari dunia baru untuk bermukim.

Sebelumnya, Ubbe terlebih dahulu menemukan Islandia bersama Floki dan Kjetill. Namun, dalam terjadi sebuah konflik dalam komunitas tersebut hingga akhirnya Floki pergi. Lalu disusul Ubbe dan Torvi serta sebagian yang lainnya yang meninggalkan Kjetill di Islandia karena ketamakannya.

Setelah terombang-ambing di lautan lepas selama beberapa waktu, Ubbe menemukan sebuah dunia baru yang sangat indah dengan tanah yang subur. Belakangan diketahui bahwa daerah tersebut adalah wilayah Amerika. Disana ia bertemu dengan penduduk asli berkulit merah yang ramah.

Selain itu, ia juga bertemu kembali dengan Floki, sahabat ayahnya yang terlebih dahulu sampai disana. Ubbe juga menjadi scene terakhir sebelum serial ini berakhir, ia duduk bersama Floki di pinggir pantai di wilayah yang telah mereka temukan. Ubbe mewarisi dan mewujudkan impian Ragnar yang mencarikan kesejahteraan bagi komunitasnya dengan mencari dunia baru.

Halaman selanjutnya >>>