Wanita Bali Tempo Dulu

Wanita Bali Tempo Dulu
©Twitter

Nalar Warga – Dalam sejarah Bali tempo dulu, ada kebiasaan wanita Bali yang bertelanjang dada di muka umum. Menurut cerita yang berkembang, alasan mereka bertelanjang dada adalah untuk membuktikan sifat kejujuran dalam diri mereka.

Menurut sejarawan dari Universitas Udayana, Denpasar, Bali, Dr. I Nyoman Wijaya M.Hum, kebiasaan telanjang dada memiliki makna khusus secara kultural. Para wanita pada masa itu memang memaknai bahwa kejujuran harus mereka tunjukkan dengan bertelanjang dada.

Melalui kejujuran yang mereka perlihatkan dengan dada telanjang itulah para wanita Bali saat itu akan bisa memperoleh kepercayaan dari orang lain.

“Sebab jika buah yang terlarang itu tak pernah tersentuh, ia takkan layu. Jika buah itu masih segar, maka pemilik buah itu akan masih bisa orang percaya.”

Mungkin dalam hal ini para wanita tersebut orang anggap masih mampu menjaga kehormatannya. Bagaimana dengan sekarang?

Kita ketahui, pada masa kolonial Belanda, kebiasaan wanita Bali bertelanjang dada ini ternyata banyak pendapat perhatian. Buktinya, jika menelusuri dokumen-dokumen foto peninggalan masa kolonial Belanda, banyak terlihat foto-foto mereka yang bertelanjang dada.

Dalam dokumen KITLV, misalnya, banyak foto-foto aktivitas wanita Bali saat berdagang, menjalankan ritual keagamaan, maupun aktivitas lain di muka umum.

Selain foto, ada juga dokumen video yang merekam wanita Bali bertelanjang dada. Dokumen video ini bisa kita temukan dalam arsip dokumentasi Michael Rogge, seorang warga Belanda. Ia memperolehnya dari orang tuanya, yang pada era kolonial Belanda lalu pernah keliling Indonesia.

Namun, seiring dengan jalannya waktu, budaya bertelanjang dada itu akhirnya hilang perlahan-lahan, terutama setelah mereka banyak yang bersekolah ke luar daerah.

Mereka yang ikut gerakan bersekolah ke luar Bali seperti ke Probolinggo, Jawa Timur, ketika pulang mulai membuat penyadaran, khususnya tentang cara berpakaian, termasuk membuat kursus-kursus menjahit kebaya yang lengkap dengan penutup ala wanita Jawa.

*Jelantik5

Baca juga:
    Warganet