10 Pesan Video Aksi Motor Jokowi ke GBK

10 Pesan Video Aksi Motor Jokowi ke GBK
YouTube Image

Nalar Politik – Video Presiden Jokowi yang naik motor gede menuju Gelora Bung Karno itu viral. Terkemas secara heroik, aksi motor Jokowi pun dipuji di mana-mana, bahkan hingga di luar negeri.

Usai itu, viral pula satu catatan tentangnya. Ia mengulas secara khusus pesan-pesan apa yang bisa ditangkap dari video aksi motor Jokowi dalam rangka pembukaan Asian Games 2018 ini.

Tak diketahui siapa penulis aslinya. Yang jelas, catatan tersebut memberi pesan kuat akan apa yang ingin ditampilkan ke khalayak publik melalui video aksi motor Jokowi yang sangat ciamik.

Berikut ini catatan tentang pesan dalam video tersebut:

1. Keluar dari istana Bogor dengan pengawalan ketat dan melewati jalan tol bebas hambatan. MAKNA: Jokowi adalah seorang presiden yang punya kekuasaan.

2. Jokowi terhadang suporter dan mengatakan ‘Ya Biarkan Saja’ kepada pengawalnya. MAKNA: Jokowi menghormati hak kebebasan menyampaikan pendapat dan menggunakan jalan umum.

3. Jokowi menghadapi masalah kemacetan karena blokade jalan oleh suporter dengan berinisiatif keluar mobil dan berganti naik motor dengan memakai helm dan melewati para demonstran dengan jumping dengan motornya. MAKNA: Jokowi selalu taat peraturan dan hukum yang berlaku dan mampu mencari jalan keluar/solusi dari setiap masalah yang dihadapi.

4. Sesaat Jokowi menggerungkan motornya sehingga terdengar raungan suara motor yang keras. MAKNA: Jokowi bisa bersifat tegas.

5. Kemudian Jokowi mampu melenggak-lenggok di antara mobil di jalanan. MAKNA: Jokowi lihai dalam menghindari rintangan-rintangan dari lawan politiknya.

6. Kemudian Jokowi naik motor tanpa pengawalan melintasi gang-gang kecil pemukiman. MAKNA: Jokowi suka blusukan ke masyarakat kecil.

7. Selanjutnya Pak Jokowi kembali ke jalan raya dan pengawalnya merapat untuk mengawal di belakang, bukan di depan. MAKNA: Beliau yang memimpin dalam upaya keluar dari kesulitan. Saat menghadapi masalah, Pak Jokowi berani berdiri di baris terdepan, bukannya berlindung di balik pengawalnya.

8. Lalu ada scene di mana Pak Jokowi menghentikan motor yang dikendarainya untuk memberi kesempatan sekelompok anak-anak kecil menyeberang jalan. MAKNA: Beliau memperhatikan, melindungi dan mengutamakan anak-anak yang adalah generasi penerus. Juga bahwa Pak Jokowi mau merendahkan diri tidak selalu minta didahulukan.

9. Ada scene tentang cincin kawin Jokowi. MAKNA: Seorang pemimpin adalah seorang yang mampu memimpin keluarga. Seorang yang setia dengan istrinya. Berhasil membina rumah tangganya.

10. Setelah sampai di GBK, Jokowi naik lift dengan memencet angka 2. MAKNA: Pilih Jokowi untuk 2 periode.

Tentu kita patut kagum dengan kecerdasan Pak Jokowi dan atau timnya. Ia sukses menyampaikan pesan kepada masyarakat, terutama tentang karakter Pak Jokowi, meski hanya melalui video prolog.

Tonton video selengkapnya di sini:

Video Aksi Motor Jokowi