14 Capres Potensial 2024 dan 1 Kuda Hitamnya

14 Capres Potensial 2024 dan 1 Kuda Hitamnya
Ilustrasi: Capres Potensial

Meski masih jauh, 15 orang berikut ini jadi capres potensial untuk Pilpres 2024. Mereka terdiri dari 14 tokoh politik dan instansi pemerintahan serta 1 sosok yang berposisi sebagai kuda hitam.

Dari 15 orang tersebut, 4 di antaranya adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Empat gubernur di atas terungkap dalam kajian Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA. Selain karena popularitasnya yang cukup tinggi, yakni di atas 25 persen, keempatnya juga merupakan tokoh politik yang sekaligus mengepalai 4 daerah yang secara populasi paling banyak di Indonesia.

“DKI Jakarta, meski populasi pemilihnya tidak sebanyak ketiga daerah lain (Jabar, Jateng, dan Jatim), namun kepala daerah di Jakarta punya kesempatan ekspose media yang lebih banyak dibanding daerah lain,” kata peneliti LSI Denny JA, Rully Akbar, di Jakarta (2/7).

Perbincangan terkait Pilpres 2024 ini, terang Rully, mengemuka lantaran di momentum nanti itu tidak ada lagi yang namanya capres petahana sebagaimana Pilpres 2019. Kita tahu, Presiden Jokowi mustahil maju kembali sebagai capres karena sudah dua kali terpilih (tersandung UU).

Berdasar kajian LSI Denny JA ini, 15 orang yang masuk dalam daftarnya tersebut dijaring melalui tiga kriteria, yakni popularitas di atas 25 persen, berasal dari empat sumber rekrutmen, dan penilaian subjektif dari peneliti LSI Denny JA sendiri.

Adapun empat sumber rekrutmen yang dimaksud Rully adalah pejabat pemerintahan pusat, pimpinan partai politik, kepala daerah, serta kalangan profesional, swasta, atau organisasi masyarakat.

“Dari empat sumber latar belakang presiden inilah yang kita coba prediksi. Kira-kira 2024 nanti latar belakang presiden akan mengambil tidak jauh dari unsur empat tadi,” jelas Rully.

Jadi, selain 4 gebernur di awal, terdapat pula nama kandidat potensial dari kelompok pimpinan partai politik. Mereka adalah Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, eks Wakil Ketua Dewan Pembina Gerindra Sandiaga Uno, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Kogasma Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, eks Ketua Fraksi PDI-P Puan Maharani, dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar.

Sementara, capres potensial dari kelompok pejabat pemerintah adalah Menteri Keuangan Sri Mulyani, Kepala Badan Intelijen Negara Budi Gunawan, Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian, dan eks Panglima TNI Gatot Nurmantyo.

Meski demikian, Rully tetap memprediksi akan adanya 1 sosok yang bisa menjadi kuda hitam. Walau tidak masuk radar LSI Denny JA, sosok tersebut berpotensi melesat sebagaimana Jokowi.

“Bisa jadi ada the next Jokowi yang kita masih belum tahu sebagai faktor kejutan namanya. Bisa jadi nanti ada Mr atau Mrs X yang menjadi capres potensial di 2024.”

Lalu, siapa 1 sosok kuda hitam itu? Adalah Ahok, Basuki Tjahaja Purnama.

“Bisa jadi BTP masuk sosok misterius nomor 15 yang jadi efek kejut. Tapi kita belum tahu gebrakannya bagaimana. ” [si/ko/me]