6 Keuntungan UU Cipta Kerja

6 Keuntungan UU Cipta Kerja
©Alinea

Nalar Politik – Ada 6 keuntungan dari UU Cipta Kerja. Seperti dijelaskan Presiden Joko Widodo dalam acara APEC CEO Dialogues 2020, semuanya memberi dampak signifikan bagi iklim usaha di Indonesia.

Secara rinci, Jokowi menjelaskan 6 keuntungan tersebut di hadapan pebisnis dan pemerintah Asia Pasifik. Di antaranya, pertama, proses perizinan dan investasi menjadi lebih sederhana dan cepat. Bahwa perizinan untuk usaha mikro tak diperlukan lagi, cukup dengan pendaftaran saja.

Kedua, pungutan liar dan korupsi dipotong dengan cara mengintegrasikan seluruh proses perizinan ke dalam sistem perizinan elektronik melalui sistem OSS, Online Single Submission.

Ketiga, kegiatan usaha dan investasi makin mudah karena pembentukan perseroan terbatas tidak ada lagi pembatasan modal minimum. Lalu, pengadaan tanah dan lahan bagi kepentingan umum dan investasi jadi lebih mudah.

Keempat, berinvestasi di kawasan ekonomi khusus, kawasan perdagangan bebas dan pelabuhan bebas makin dipermudah serta makin menarik dengan adanya berbagai fasilitas dan insentif. Pelayanan perizinan berusaha di kawasan-kawasan tersebut akan dilakukan dalam hitungan jam, dengan fasilitas fiskal yang terintegrasi dalam sistem OSS.

Kelima, Indonesia akan membentuk sovereign wealth fund di mana lembaga ini akan mengelola dan menempatkan dana atau aset negara secara langsung atau tidak langsung, serta melakukan kerja sama dengan pihak ketiga.

Keenam, UU Cipta Kerja melindungi dan meningkatkan peran pekerja dalam mendukung investasi di Indonesia, termasuk memberikan kepastian dalam pengaturan tentang upah minimum dan besaran pesangon. [de]