Abraham Lincoln

Abraham Lincoln
©iyig

Abraham Lincoln adalah “Bapak Demokrasi Sepanjang Masa”. Gelar yang disandang Presiden AS ke-16 ini pada dasarnya tak bisa lepas dari perannya dalam menghapus perbudakan dan mengakhiri Perang Saudara Amerika.

Ia juga mengeluarkan Proclamation Emancipation. Ini yang kemudian mengubah hidup banyak orang, khususnya para budak. Karena jasanya inilah banyak yang menyebut Lincoln sebagai presiden Amerika Serikat yang paling sukses dan berpengaruh.

Tentunya, kontribusi Lincoln yang sangat signifikan bagi kesetaraan ini tak lepas dari kisah panjang hidupnya. Sebelum menjadi presiden, Lincoln bahkan dua kali gagal dalam pemilihan senat.

Di sisi lain, Lincoln dikenal sebagai pemimpin yang terbuka terhadap masukan, rendah hati, dan optimistis. Akan tetapi, Lincoln juga merupakan presiden Amerika Serikat pertama yang meregang nyawa karena terjangan timah panas.

Kisah hidup suami Mary Todd Lincoln ini sungguh sangat menarik untuk dikaji. Laki-laki yang lahir dari keluarga kurang mampu dan hanya delapan bulan mengenyam pendidikan formal ini ternyata tumbuh menjadi pemimpin yang sukses membawa perubahan besar di Amerika Serikat dan berpengaruh bagi dunia.

Riwayat buku:
  • Judul: Abraham Lincoln
  • Penulis: Faidi, S. Hum
  • Penerbit: Laksana
  • Tebal: 352 hlm
  • Tahun: 2018
Kontak pemesanan di IYIG Bookstore:
    IYIG Bookstore
    Latest posts by IYIG Bookstore (see all)