Air dan Minyak

Air dan Minyak
┬ęGrid

Air dan Minyak

Bila Allah menciptakan kita dari air mineral dan minyak gaharu agar tidak pernah bertemu, maka aku minta kepada api agar tubuh airku menguap dan tubuh minyakmu terbakar menjadi asap. Dan kita akan tinggal, menempel, serta meresap, pada paru-paru oppa-oppa Korea yang kamu suka, Kim Rae-won, tanpa terpikir lagi untuk terpisah setelah udara mengantarkan kita terhirup ke dalamnya.

Saat manusia itu meninggal, akar pohon jati akan meresap gizi dari mayatnya bersama kita juga. Dan di batang pohon kita kini berada. Dia akan terus besar, sampai seseorang memanen kayunya untuk dijadikan tiang bangunan rumah Tuhan, tempat kita bersama berpulang.

22 Oktober 2023
11:52

Besi Mentah

Diriku masih besi mentah tanpa ditempa cobaan berat palu takdir, sedang kamu adalah permata merah yang telah diasah hingga bersih mengkilat.

Bila beruntung, aku temukan api nasib sepanas Jahannam demi meleburkan inti diri. Aku mau menjadi sekeping cincin berbentuk ouroboros dan dengan sepenuh harap bisa menggigitmu yang penuh kilap.

Semoga kita bisa dikenakan oleh jemari Tuhan dan diberkati-Nya agar selalu bersama tersemat di jari kehidupan dan kematian, karena aku ingin terikat padamu di dunia serta akhirat dan meski kiamat telah datang. Kita tetap saling erat melekat.

21 Oktober 2023
14:50

Navigator

Yaya, kenapa kau sulit percaya kalau pelukanmu lebih nenenangkanku ketimbang harum kembang, pijar purnama, dan semua bintang di keseluruhan semesta?

Kehadiranmulah yang membuatku terus menghirup lega udara kotor Bumi yang sebetulnya ingin aku tinggal semenjak remaja.

Hati yang kamu beri padaku adalah rimbun rimba liar berdaun besar dan tebal. Dari sana aku bernapas dan mencicipi nuansa kebebasan seperti sewaktu aku kanak-kanak dan belum bisa meraba bekas sayatan-sayatan tubuhku saat dewasa kini.

Tiap kamu meragukan kasihku, kuas berwarna cerah yang kamu beri ke kanvas dalam diriku akan bertemaram. Harapan yang kamu tuang akan tumpah. Tidakkah cukup diriku yang kini dan mendatang yang kamu miliki?

Bila benar masa laluku terlalu berat kamu bawa, maka letakkanlah. Karena hal itu bukanlah barang sepenting kompas dan doa ibu dalam berlaut sambil melawan gelombang dunia agar selamat sampai menemui daratan bernama akhirat saat ajal menjemput.

Perahuku akan hilang daya seperti kain layar tanpa angin, seperti mesin tanpa bensin, seperti dayung tanpa tangan. Yaya, di samudera luas ini aku tidak bisa berenang, bantu aku melihat peta. Karena tanpamu, aku buta dan tidak memiliki arah.

18 Oktober 2023
19:58

Halaman Belakang

Di halaman belakang rumah aku duduk dan menatap cintamu lebih tinggi ketimbang pohon-pohon bambu di belakang rumahku, dan meski tiap batangnya dipatahkan pertengkaran, kamu akan selalu menumbuhkan tunas baru.

Dekat sini juga ada sungai panjang yang mirip seperti kesabaranmu, banyak ikan-ikan kedamaian di sana, berenang mengarungi jernih airmu yang kaya akan ganggang kasih sayang.

Raa, aku mau menjadi sumur yang tidak pernah kering seperti di sini. Yang saat kamu pakai selama keabadian pun aku akan selalu ada.

25 Oktober 2023
18:36

Semoga Tuhan Tidak Cemburu

Namamu terpanggil di tiap napasku kini. Melebihi zikir yang biasa aku hitung di tasbih demi mendapat karomah dari Allah Yang Maha Pemurah. Dari tiap tirakatku yang membuahkan ilmu, kehadiranmulah yang paling memberikan buah kebahagiaan lembut dan manis.

Ya Tuhan, aku mencintai makhluk-Mu melampaui cintaku kepada Engkau, ampunilah hamba, dan tiupkanlah satu kelopak bunga surga agar hamba dan Raa bisa mencium harum-Mu lantas sadar bahwa tanpa cinta-Mu yang megah, kami tidak akan pernah berpapasan jalan.

Setelah itu, jiwa berdebu yang ada di hati akan terus aku poles hingga halus, agar saat Engkau berkaca di dadaku yang terbuat dari mirah delima, akan terlihat asma-Mu terhias dengan doa-doa semua orang yang aku harap mendapat keselamatan. Ya Rabb, Engkau adalah tempat berpulang setelah ajal menjemput, namun di dunia, biarkan hamba lepaskan lelah dan beristirah di hati Raa yang telah kuanggap sebagai rumah.

26 Oktober 2023
16:21

Arham Wiratama
Latest posts by Arham Wiratama (see all)