Apa yang Layak Manusia Rayakan?

Apa yang Layak Manusia Rayakan?
Ilustrasi: legacy-hotels.co.uk

Nalar WargaSaya bisa paham jika sepasang kekasih rayakan hari jadian, juga suami-istri yang rayakan ulang tahun perkawinan. Ada keputusan yang dibuat untuk memulai dan menjaga hubungan, sebuah effort yang jika berhasil menjadi hal yang layak dirayakan.

Saya juga paham jika ada orangtua yang rayakan ulang tahun anaknya, atau seorang pengusaha rayakan sekian tahun keberhasilan bisnisnya. Menyaksikan investasi yang ditanamkan tumbuh dan berkembang juga adalah hal yang layak dirayakan.

Pun saya masih bisa paham jika seorang warga negara merayakan ulang tahun kemerdekaan negaranya (betapapun mereka tidak ikut berjuang). Seorang pegawai perusahaan ikut merayakan ulang tahun perusahaan yang diadakan bosnya (mereka perlu menjaga hubungan baik dan menunjukkan loyalitas). Seorang yang memberi ucapan selamat ulang tahun pada sahabatnya (mungkin karena temannya memiliki arti yang penting dalam perjalanan hidup orang itu).

Bahkan saya masih paham jika orang merayakan kelahiran tokoh-tokoh yang dianggap penting dalam hidupnya. Baik sebagai individu atau bagian dari sekelompok (merayakan kelahiran Buddha, Yesus, Muhammad, Soekarno, atau siapa pun).

Contoh-contoh perayaan ulang tahun di atas merayakan suatu makna dari kehadiran seseorang atau sesuatu yang dianggap penting dalam perjalanan hidup seseorang.

Yang saya belum paham sampai sekarang adalah jika ada orang yang merayakan ulang tahunnya sendiri. Apa makna yang penting dari sebuah kebetulan sejarah, ketika kamu begitu saja mbrojol ke dunia tanpa pernah terlibat dalam keputusan mbrojol tersebut?

Bukan hari kelahiranmu ke dunia yang layak dirayakan. Tapi, tiap momen kehidupan yang kamu jalani dari waktu ke waktu, dengan penuh kesadaran dan membuat kamu memutuskan untuk lahir kembali dengan cara-cara yang kamu pilih sendiri. Untuk memberi dan memperbarui makna kehadiranmu di dunia yang awalnya tidak berarti sama sekali.

*Amor Fati

___________________

Artikel Terkait:

    Warganet

    Pengguna media sosial
    Warganet

    Latest posts by Warganet (see all)