Benarkah Jonru Anti Hoax dan Fitnah?

Nalar Politik Di acara Indonesia Lawyers Club (ILC) tadi malam (29/8/2017), muncul kesan dari Jonru Ginting bahwa Jonru anti hoax dan fitnah. Ia mengaku tak pernah menebar ujaran-ujaran pemicu konflik seperti ke media-media sosial.

“Saya anti hoax dan anti fitnah,” tegas Jonru di acara yang bertajuk Halal-Haram Saracen itu, Selasa (29/8/2017).

Apa yang disampaikan Jonru jelas menyalahi “kodrat”-nya sebagai orang yang—bisa dikatakan—paling sering menebar berita-berita bohong dan ujaran-ujaran kebencian di media sosial. Hal ini sebagaimana marak ditunjukkan netizen di Twitter pasca Jonru menegaskan hal yang berkebalikan dengan kondratnya.

“Jonru anti hoax & fitnah? Bacalah jejak digital ini,” cuit akun @GunRomli.

Jejak digital yang dimaksud ternyata berisi daftar fitnah dan ujaran kebencian yang pernah ditelurkan oleh Jonru melalui akun media sosialnya, baik di Twitter maupun di Facebook.

Salah satu ujarannya tersebut, seperti “Jokowi adalah satu-satunya calon presiden yang belum jelas siapa orangtuanya. Sungguh aneh! Untuk jabatan sepenting PRESIDEN, begitu banyak orang yang percaya kepada orang yang asal-muasalnya serba belum jelas.”

Tak hanya itu, Jonru juga pernah mensinyalir bahwa kubu Jokowi dikuasai oleh orang-orang Kristen bergaris keras.

“Kalau Franz Magnis-Suseno berkata kubu Prabowo dikuasai oleh Islam garis keras, bolehkan kita menyebut kubu Jokowi dikuasai oleh Kristen garis keras?” tulis Jonru.

Bahkan, yang lebih hebat lagi, Jonru pun pernah mengidentikkan Jokowi dengan Robin Hood. Baginya, Robin Hood adalah pahlawan yang dielu-elukan meski harus merampok harta orang kaya yang koruptor, lalu dibagi-bagikan kepada rakyat miskin.

“Bagi para pendukungnya, Jokowi mungkin seperti Robin Hood. Tak masalah bila Jokowi korupsi, tak masalah melanggar aturan tender untuk kesejahteraan rakyat. Tak mengapa berbuat kriminal, asal tujuannya membela rakyat. Apakah Anda setuju dengan konsep Robin Hood (Jokowi)? Maaf, saya TIDAK SETUJU,” tulisnya lagi.

Ya, hampir semua yang disampaikan Jonru di akun-akun media sosialnya tersebut sama sekali tak berdasar alias fitnah dan kabar bohong (hoax). Untuk lebih jelasnya, silakan klik [Klarifikasi Panastak] Ini Daftar Fitnah Jonru (Kaskus) atau Daftar Fitnah dan Kebohongan @jonru by @budisujatmiko (Chirpstory).

Itulah daftar ujaran dari mulut seorang Jonru yang mengaku-ngaku anti hoax dan anti fitnah. Lantas, fitnah dan hoax mana lagi yang akan kamu dustakan?

___________________

Artikel Terkait: