Berpolitik tanpa Menjatuhkan Lawan Politik

Berpolitik tanpa Menjatuhkan Lawan Politik
Hamka Hammanur Kanu | Facebook

Nalar PolitikCaleg PAN untuk DPRD Polman Dapil III Hamka Hammanur Kanu mengimbau kepada semua pihak untuk cerdas dalam berpolitik. Menurutnya, berpolitik dengan upaya menjatuhkan lawan, terlebih melalui fitnah, hasut, dan lain sebagainya hanya karena perbedaan pilihan, bukanlah cara-cara yang bijak dalam dunia politik.

“Disukai itu belum tentu dipilih, apalagi kalau tidak. Jangan soal perbedaan pilihan politik kita saling sikut dan menjatuhkan,” kata Hamka di Yogyakarta, Selasa (7/8).

Guna meredam laku tak elok dalam berpolitik ini, Hamka pun mengharap pada semua untuk senantiasa meletakkan tali persaudaraan di atas segala. Bahwa persaudaraan adalah inti utama dalam berkehidupan.

“Sekali lagi, saudara-saudaraku, persaudaraan itu lebih penting dari segalanya, termasuk beda pilihan politik. Innai nasipulu-pulu muaq tania itaq; innai nasirannuang muaq tania para itaq (siapa lagi yang akan saling berbagi kalau bukan kita; siapa lagi yang akan saling bantu-membantu kalau bukan kita).”

Di akhir, Hamka berpesan agar setiap orang, terutama kalangan politisi, bisa saling menjaga laku politik yang sehat dan santun. Beda pilihan politik itu biasa, persaudaraan dalam perbedaan itulah yang luar biasa.

“Kalau memang tak ada niat untuk memilih si A karena si B adalah pilihan, maka pilihlah si B sembari mendoakan si A. Aman negara,” lanjut Hamka.

“Lain kepala lain pikiran. Lain mata lain penglihatan. Rasulullah saja baik, tapi tidak semua orang menyukainya. Mendukunglah tanpa menjatuhkan orang lain, lawan politik,” tambahnya.

_____________

Baca juga:
Redaksi NP
Reporter Nalar Politik