Descending Broadening Wedge di British Pound vs US Dollar

Descending Broadening Wedge di British Pound vs US Dollar

Market News – Pola descending broadening wedge cukup jelas terlihat di grafik perdagangan Forex untuk pair British Pound vs US Dollar (GBPUSD) hari ini.

Sesuai teori, pola descending broadening wedge dikatakan valid ketika harga menyentuh garis support minimal tiga kali dan garis resistance dua kali; atau sebaliknya, menyentuh garis support minimal dua kali dan garis resistance tiga kali.

Di kasus GBPUSD, syarat utama tersebut sudah terpenuhi: menyentuh garis support minimal tiga kali dan garis resistance dua kali (lihat gambar).

Hal yang perlu jadi penegasan juga adalah bahwa pola ini selalu bersifat bullish. Jika ia muncul di kondisi downtrend, pergerakan selanjutnya adalah pembalikan (reversal); ketika muncul di kondisi uptrend, pergerakan berikutnya adalah pelanjutan (continuation).

Dengan demikian, kembali berkaca ke kondisi GBPUSD, tentu Anda sudah tahu pola pergerakan seperti apa yang akan berlaku kelak.

Entry Signal

Di pola descending broadening wedge, sinyal masuk tertandai dengan munculnya bar atau candlestick yang berhasil menembus dan tutup di atas trendline. Masuklah di harga pembukaan bar selanjutnya.

Titik entry lainnya bisa Anda tempatkan ketika harga kembali menyentuh trendline bawah atau support. Tetapi di sini Anda tetap harus waspada, jangan sampai support tertembus alih-alih mementalkan harga.

Price Projection

Untuk target, ukuran paling ideal adalah tinggi atau jarak terluas dari pola. Anda bisa mengukurnya dengan cara menarik garis dari pantulan harga pertama di garis resistance ke pantulan harga terakhir di garis support.

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan gagang descending broadening wedge. Cukup ambil berdasarkan jarak dari pantulan harga pertama di garis resistance dengan pantulan harga terakhir di garis support sebagai batasnya.

Hal terakhir itu pula bisa Anda gunakan sebagai area stop loss terbaik lho. Jangan sampai lupa untuk selalu memasangnya, ya.

Baca juga:
    Swing Man