Dorong Putra Daerah, Hanura Jabar Dukung RK Jadi Capres 2024

Dorong Putra Daerah, Hanura Jabar Dukung RK Jadi Capres 2024
©Merdeka

Nalar Politik – Dewan Pengurus Wilayah Partai Hati Nurani Rakyat Jawa Barat (DPW Hanura Jabar) mendukung Ridwan Kamil untuk maju sebagai calon presiden (capres) pada Pemilu 2024.

Dukungan itu disampaikan langsung oleh Dian Rahadian selaku Ketua DPW Hanura Jabar di sela peresmian kantor baru DPW Hanura Jabar, Kota Bandung.

“Saat ini kami punya tokoh asli, pituin Sunda, yang memang track record dan pengalamannya luar biasa,” kata Dian, Sabtu (27/11).

Sebagai bagian dari Jawa Barat, pihaknya dan seluruh pengurus serta kader Partai Hanura merasa berkewajiban untuk mendorong putra daerah dalam kontestasi pemimpin nasional. Menurutnya, Gubernur Jawa Barat itu merupakan putra terbaik yang layak diusulkan menjadi pemimpin nasional.

“Kami punya gubernur yang sudah teruji. Sebagai orang Jawa Barat, kami mendukung Kang Emil menjadi calon presiden.”

Dian memastikan keseriusan dukungannya ini dengan akan menyampaikan hal tersebut ke DPP Partai Hanura.

“Kami akan mengusulkan ke DPP Hanura agar pada Pilpres 2024 mengusung Ridwan Kamil.”

Ia juga menjelaskan bahwa dukungannya tersebut merupakan bentuk komitmen dan konsistensinya dalam mengusung Ridwan Kamil.

“Sama seperti kami mendukung Ridwan Kamil pada Pilgub Jabar 2018. Kami tetap komitmen, konsisten, ingin Ridwan Kamil maju ke yang lebih jauh. Pilpres 2024 kami ingin Hanura berada bersama Ridwan Kamil.”

Ketika menyinggung seperti apa bentuk dukungannya nanti, Dian mengatakan bahwa pihaknya akan menempuh berbagai cara agar usulannya tersebut bisa tercapai.

“Sekarang lisan, nanti tulisan juga akan disampaikan. Tentu ada mekanisme dan proses yang harus dilalui.”

Mengenai kesiapannya menghadapi Pemilu 2024, Dian menegaskan bahwa pihaknya saat ini harus berbenah.

“Kami terus berkonsolidasi. Di Jawa Barat, kami sudah hadir di semua kabupaten/kota. Kami menargetkan hadir di 75 persen kecamatan se-Jawa Barat.”

Baca juga:

Tetap Fokus

Sebelumnya, organisasi masyarakat Angkatan Muda Siliwangi (AMS) saat merayakan ulang tahun turut memberikan dukungan untuk tokoh politik asal Jawa Barat untuk maju di level nasional. Disampaikan oleh Ketua Umum AMS, Noeri Firman Ispandi, pihaknya menyebut Ridwan Kamil sebagai salah satu yang dijagokan.

Meski sudah banyak mendapat dukungan, Ridwan Kamil mengaku tetap fokus merealisasikan janji politik sebagai Gubernur Jawa Barat.

“Tiap elemen masyarakat punya cita-cita, keinginan. Kalau AMS menyatakan begitu dan menyebut saya, ya saya bersyukur, berterima kasih. Sambil tetap saya, tolong dicatat, fokus memberikan komitmen-komitmen di Jabar yang sempat terkendala oleh Covid-19. Kemudian juga melihat bahwa elektroral juga berhubung dengan kinerja. Kalau kinerja baik, ya pasti elektoral baik,” jelas Ridwan.

Berkaitan dengan elektoral, Ridwan Kamil menilai bahwa survei yang saat ini sudah dikeluarkan oleh berbagai lembaga belum bisa dijadikan patokan. Ia berkeyakinan, berdasarkan pengalamannya dua kali mengikuti kontestasi politik, survei individu belum bisa menjadi rujukan.

“Tapi kan saya punya politik tahu diri. Harus mengukur. Mampu atau tidak, yang elektabilitasnya memadai atau tidak, walaupun tidak jaminan ya mengukur dua tahun mendatang dari perhitungan sekarang.”

Semua elektabilitas elektoral, menurutnya, menjadi acuan dan lebih akurat saat ada sosok calon yang sudah berpasangan.

“Saya ini alumni dua kali pilkada. Waktu jadi wali kota startnya jelek akhirnya menang. Mengukur takdir itu di era sekarang masih jauh. Bahkan sering saya sampaikan bahwa namanya survei baru individual. Padahal yang sebenarnya survei itu setelah berpasangan.”

Baca juga: