Erick Thohir Bakal Bersih-Bersih BUMN?

Erick Thohir Bakal Bersih-Bersih BUMN?
©Antara

Nalar Warga – Erick Thohir bakal bersih-bersih BUMN? Kalau menurut kamu, kira-kira bisa nggak? Dengan melihat kondisi BUMN sekarang ini yang katanya nih tidak jauh dari KKN bahkan sampai radikalisme.

Emang Erick sudah punya rencana apa sih untuk bersih-bersih BUMN?

Para menteri Jokowi baru 7 hari ini resmi menjabat. Di semua tempat, ada tantangannya. Salah satu yang cukup berat, yakni Menteri BUMN Erick Thohir. Belum-belum, sudah dihadapkan dengan banyak tantangan, mulai dari pembenahan manajemen, kinerja, performa, hingga radikalisme.

Banyak pihak memang agak meragukan keberadaan seorang Erick Thohir di BUMN. E tapi, kita nggak boleh pesimis dulu dong, ya. Karena baru 7 hari saja sudah kelihatan rencana-rencananya. Apa saja sih?

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, dalam waktu dekat, fokus menyelesaikan manajemen perusahaan BUMN yang berpolemik, seperti Jiwasraya dan Krakatau Steel. Hingga percepatan proyek strategi pemerintah, yakni Aramco dan kereta cepat.

Hal itu, menurut Erick, merupakan perbaikan tata kelola yang menjadi bagian dari apa yang disebut bersih-bersih BUMN. Dengan tegas, Erick mengatakan bahwa direksi hingga wakil menteri harus siap dicopot jika performanya tidak bagus. [detik]

Bukan hanya bawahannya sih. Dia pun, sebagai Menteri BUMN, menyatakan siap dicopot dari jabatannya jika dianggap tak becus menjalankan tugas. [kompas]

Untuk memastikan BUMN memiliki kinerja yang baik, Erick pun meminta semua direksi BUMN harus membuat rencana kerja lima tahun. Itu akan di-review dan dipelototinya untuk tahu strategi dan model bisnisnya.

Siap-siap nih para direksi BUMN yang selama ini santai-santi karena merasa BUMN yang dipimpinnya selalu dapat suntikan APBN. Tidak bisa kerja, copot.

Melihat background Menteri BUMN dan rencana besarnya yang sudah muncul sejak dilantik, tentu ini jadi harapan perbaikan BUMN. Jadi apa salahnya kita dukung BUMN sambil mengawasinya agar tetap di jalur yang sesuai, jalur untuk kesejahteraan rakyat. Gimana, kamu setuju nggak?

*Gus Raharjo

Baca juga:

    Warganet

    Pengguna media sosial
    Warganet

    Latest posts by Warganet (see all)