Finalis Lomba Esai Parlemen dan Politik Kaum Muda

Finalis Lomba Esai Parlemen dan Politik Kaum Muda
Ilustrasi menulis. [Google]

Panitia Lomba Parlemen dan Politik Kaum Muda akhirnya mendapatkan nama-nama finalis Lomba Esai Parlemen dan Politik Kaum Muda. Semuanya berasal dari kalangan pelajar-mahasiswa seluruh Indonesia asal Provinsi Sulawesi Barat.

Sejak Lomba Esai dibuka pada 8 Januari 2018 dan ditutup 28 Januari 2018, panitia menerima kurang lebih 32 naskah yang masuk ke redaksi. Dari naskah-naskah itu, hanya ada 17 di antaranya yang layak terbit—sesuai ketentuan lomba.

Lihat: Naskah Lomba

Sebelum menentukan para finalis Lomba Esai Parlemen dan Politik Kaum Muda, panitia melakukan seleksi awal. Mekanisme penilaiannya didasarkan pada beberapa kriteria, di antaranya kesesuaian dengan tema, orisinalitas dan otentisitas gagasan, kualitas dan gaya bahasa, kreativitas atau cara penyajian isi tulisan, serta interaksi publik/pembaca.

Dari hasil seleksi dan penjurian ketat, tim juri kemudian menentukan 5 (lima) orang  di antaranya sebagai finalis, yang terdiri dari Juara 1, 2, dan 3, serta 2 Juara Harapan. Mereka inilah yang nanti akan menerima hadiah dari Muhammad Afzal Mahfuz, SH., Anggota DPR RI Fraksi Partai Demokrat Dapil Sulbar.

Berikut nama-nama finalis beserta naskah yang panitia susun berdasarkan abjad:

Untuk para finalis, segera konfirmasi ke panitia via WA 0812-4013-2531 (Abu) & 0813-2624-7852 (Riandy). Cantumkan nama dan judul naskah. Malam Penganugerahan Pemenang akan diadakan pada 5 Februari 2018 di Yogyakarta.

Selamat dan terus berkarya.