Ide Kewirausahaan pada Masa Pandemi Covid-19

Ide Kewirausahaan pada Masa Pandemi Covid-19
©Equifax

Sejak 2020, Covid-19 mulai bermunculan di muka bumi ini, sehingga banyak masyarakat yang terpaksa harus mengurungkan diri di rumah masing-masing. Bahkan sebagian masyarakat ada yang kehilangan pekerjaannya hanya karena perusahaan yang sedang ditempati akan ada pemutusan hak kerja (PHK) karena hasil produksi perusahaan masih banyak dan masih sepi pembeli. Alasan lain, adanya PHK karena untuk mengurangi kerumunan di masa pandemi ini.

Ditambah pada masa Covid-19 ini sulit untuk mencari pekerjaan dan dengan hasil gaji yang besar. Masyarakat pun merasa tidak tenang jika tidak ada pemasukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya dan hanya di rumah saja.

Nah, menurut saya, ada sebagian masyarakat mempunyai pikiran yang jernih dan cemerlang, agar pada masa pandemi ini makin produktif, yaitu dengan cara membuka toko online (olshop) dan Bisnis Online untuk memenuhi kebutuhan hidupnya selama masa karantina belum usai.

Kegiatan ini tentu bisa digunakan untuk masa yang akan datang, jadi tidak terlalu ribet atau susah-susah untuk melakukan jual beli secara tatap muka. Kegiatan ini juga hanya perlu membutuhkan gadget dan Internet serta hanya membutuhkan waktu yang efektif, efisien, dan kreatif dalam menggunakan Internet.

Namun, keberadaan internet ini juga akan menyebabkan perubahan dalam dunia komersial yang menjadi lebih modern. Sistemnya yakni pelaku ekonomi tidak harus bertatap muka untuk menjalankan transaksi. Mereka hanya perlu menyepakati kedua belah pihak bahwa barang akan sampai di tempat pembeli tanpa harus khawatir lagi dengan tokonya. Sistem ini disebut toko online (olshop).

Tetapi, tidak banyak orang yang tertarik oleh bisnis online dan toko online (olshop) ini karena ada yang merasa pesimis dan merasa takut gagal, rugi dan takut risiko ke depannya nanti. Kebanyakan dari mereka juga beralasan tidak punya modal dalam membangun bisnis atau toko online sendiri.

Tetapi menurut saya, selagi kita belum mencoba dan merasakannya sendiri, jangan menyerah dan merasa pesimis. Toh nanti ada peluang bisnis atau toko online yang sama sekali tidak menggunakan modal.

Hanya saja kita perlu membuat hal-hal kreatif seperti mengumpulkan barang bekas kemudian dibuat menjadi kerajinan semenarik dan sebagus mungkin. Contohnya: tas yang terbuat dari bungkus makanan, pigura dari bekas stik es krim, rangkaian bunga mawar dari kantong kresek, dsb.

Baca juga:

Berbagai kerajinan itu bisa kita perjualkan oleh konsumen daerah pedesaan kita. Nah dari itulah bentuk usaha kecil kita agar nanti ke depannya kita bisa membangun toko atau bisnis online sendiri.

Bisnis online ini juga bisa menawarkan dagangannya untuk beberapa daerah, kota hingga ke luar negeri. Sehingga dengan adanya pekerjaan di toko online (olshop) dan bisnis online ini dapat membantu perekonomian masyarakat dalam mencukupi semua kehidupannya.

Kenapa kita perlu adanya bisnis dan toko online? Karena pada umumnya bisnis online atau toko online (olshop) ini sangatlah membantu kita dalam melakukan jual-beli online dan mempermudah kita dalam menjalankan bakat kewirausahaan kita.

Bahkan sebagai tempat kita membangun usaha dari 0. Selain itu, kita juga perlu adanya pengelola bisnis atau toko online ini melalui media sosial dan situs website, seperti instagram, tiktokshop, shopee, blibli, lazada, dll.

Menurut saya, bisnis dan toko online ini wajib dikembangkan lagi, dengan cara menciptakan karya terbaru khas negara Indonesia yakni pembuatan kebaya dari bungkus makanan ataupun dari tutup botol. Kemudian bisa Anda jualkan ke luar kota dan luar negeri. Bisa juga Anda beli barang ekspor dari luar negeri dan bisa anda perjualkan ke Indonesia.

Nah, dengan begitu jualan Anda bisa laku. Ini juga sesuai pendapat Owen, di mana bisnis online itu suatu usaha yang berkaitan dengan proses produksi karya milik sendiri dan bertujuan memperoleh keuntungan yang besar.

Hasil produksi tadi juga tidak semuanya harus dari barang bekas, tetapi bisa juga dari kain perca atau serba kain yang bisa dijadikan sebuah fashion untuk wanita dan pria. Ini juga sesuai usaha yang ingin dikembangkan apa aja.

Jikalau ingin berwirausaha di bidang kerajinan kriya, bisa Anda buat kerajinan dari bahan-bahan yang ada di sekitar Anda, semisal botol bekas, kaleng bekas, bambu, sedotan bekas, dll. Kemudian Anda buat macam pernah-pernik atau hiasan sekreatif dan seinovatif mungkin agar para konsumen tertarik.

Halaman selanjutnya >>>
Marena Asriati