Jangan Mau Dibohongi Politisi yang Jual Agama demi Suara

Jangan Mau Dibohongi Politisi yang Jual Agama demi Suara
Ketua Umum PSI Grace Natalie

Untuk apa jual agama demi suara?

Ulasan PersKetua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie bertemu berbagai tokoh lintas-iman dan komunitas Kota Malang dalam acara “Dialog Bersama Grace Natalie”. Dalam kesempatan tersebut, Grace mengingatkan hadirin agar bijak dalam menilai politisi yang kerap membohongi masyarakat dengan kedok agama.

“Jangan mau dibohongi oleh politisi yang jual agama dan moralitas demi efek elektoral semata. Jualan agama itu sedang laris manis di pemilu kali ini,” ungkap Grace di Pusat Pastoral Keuskupan Malang, Jawa Timur, Senin 28 Januari 2019.

Beberapa peserta menyatakan kekhawatiran akan kondisi Indonesia yang semakin intoleran dan rentan terpapar radikalisme.

Untuk itu, Grace menyampaikan bahwa PSI berkomitmen penuh untuk berani perangi intoleransi. PSI akan terus bersuara lantang menyerukan pendirian PSI dan melahirkan politisi anti-intoleransi.

“Isu intoleransi seolah menjadi bola panas yang enggan dipegang oleh siapa pun. Tidak ada partai lain yang berani bersuara ketika pendirian rumah ibadah diprotes warga.

Tidak ada partai lain yang mau bicara ketika suatu pemakaman umum menolak simbol agama tertentu. PSI hadir untuk mengisi kekosongan itu,” ucap Grace.

Grace kembali menggaungkan program PSI, yakni menolak Peraturan Daerah (Perda) berbasis agama yang diskriminatif. Bagi PSI, perda agama demikian akan menimbulkan perpecahan dan mencederai keberagaman.

Grace menilai bahwa selama ini partai politik lama belum berani keluar dari zona nyaman dan masih abu-abu dalam mengambil sikap soal intoleransi di Indonesia.

“Selama ini partai politik penguasa dengan ideologi nasionalis justru yang melahirkan perda syariah, menurut penelitian Michael Buehler. Jadi masalahnya bukan ideologis, tetapi kehausan untuk menjabat dan takut dijuluki partai anti-agama, padahal bukan itu tujuannya,” pungkas Grace.

Hal tersebut diungkapkan dalam kegiatan Dialog Bersama Grace Natalie dalam rangka kegiatan Solidarity Tour Jawa Timur yang tengah dilakukan oleh PSI. Setelah Kota Malang, PSI dijadwalkan masih akan mengunjungi 4 kota lainnya, yakni Jember, Sidoarjo, dan Pamekasan.

*Rilis Media DPP PSI

Share!