Karni Ilyas vs Romo Magnis

Karni Ilyas vs Romo Magnis
Romo Franz Magnis Suseno

Romo Magnis menegaskan posisi gereja Katolik: gereja melarang perzinahan, tapi tidak menghukum.

Nalar Warga – Saat Cania Citta bicara, Karni Ilyas sangat kentara mengarahkan bahwa agama harus jadi sumber hukum. Ia bersikeras menyatakan bahwa semua agama melarang perzinahan. Mungkin karena dipotong, Cania tidak cukup sigap menjawab soal itu.

Jawaban atas desakan Karni itu adalah mungkin saja bahwa setiap agama melarang zina. Mungkin itu artinya, itu pun harus diverifikasi pada setiap agama. Ada berapa ratus yang mau diverifikasi? Kalau pun iya, namun tidak semua agama menetapkan bahwa perzinahan itu harus dihukum atau dikriminalkan.

Waktu Romo Magnis bicara, ia menegaskan posisi gereja Katolik, persis seperti dugaan saya. Gereja melarang perzinahan, tapi tidak menghukum.

Itu cocok dengan cerita tentang Yesus yang menantang orang-orang Yahudi yang hendak menghukum pezina. Juga cocok dengan pernyataan Paus Fransiskus yang dikutip Romo Magnis, “Memangnya saya ini siapa (sampai berhak menghukum)?”

Karni mencoba membantah dengan mengutip ayat Bible. Tapi jawaban Romo sungguh mencengangkan.

“Betul bahwa Paulus mencela perbuatan homoseksual. Tapi kami memahaminya sebagai pandangan orang zaman dulu, yang tidak memiliki pengetahuan yang kita miliki sekarang.”

Jawaban Romo Magnis ini menegaskan posisi gereja Katolik yang sangat maju dalam mereformasi agamanya. Faktor pengetahuan manusia dipertimbangkan sebagai komponen penting dalam merumuskan ajaran gereja.

Hal begini sulit dipahami oleh orang Islam seperti Karni. Orang Islam pada umumnya berpegang pada teks, kecuali orang liberal. Apa yang dikatakan oleh teks, itulah yang harus dituruti.

Tapi bagi orang Katolik, khususnya seperti Romo Magnis, teks itu hanya panduan awal. Teks boleh dilanggar bila pengetahuan manusia modern berhasil menunjukkan bahwa isi teks itu salah. Sepertinya ini tidak akan terjadi pada Islam beberapa abad ke depan.

*Kang H Idea

___________________

Artikel Terkait:

    Warganet

    Pengguna media sosial
    Warganet

    Latest posts by Warganet (see all)