Kaum Terhormat Tak Membicarakan Agama, Tuhan, Hantu-Hantu

Kaum Terhormat Tak Membicarakan Agama, Tuhan, Hantu-Hantu
Patung Konfusius | Pixabay

Nalar WargaApakah bagus membicarakan agama, tuhan, dan lain sebagainya? Tergantung di masyarakat mana.

Dalam masyarakat mabuk agama, di mana agama jadi sumber tabu, gak boleh diganggu gugat. Justru agama harus sering-sering dibicarakan secara kritis dan skeptis. Itu cara untuk memperbaiki masyarakat.

Tetapi, dalam masyarakat yang tidak mabuk agama, sebaliknya. Jangan membicarakan hal-hal mengenai agama, supernatural, dewa-dewaan, tuhan, dan sejenisnya.

Kebijakan tersebut menjadi tuntunan dalam dinasti-dinasti di Cina selama ribuan tahun. Ini untuk menjaga kestabilan peradaban sehingga bisa bertahan lama.

Kebijakan itu dipatok oleh Konfusius begini: gentlemen should not talk about supernatural, gods, and ghosts. Kaum terhormat tidak membicarakan hal-hal supernatural, dewa-dewa, dan hantu-hantu.

Pada dasarnya, prinsip Konfusius itulah yang menjadi prinsip di Asia Timur, di Cina, Jepang, serta Korea selama lebih dari dua ribu tahun. Dan melahirkan peradaban-peradaban yang agak “kebal” terhadap pengaruh agama-agama Timur Tengah.

Inilah prinsip sekularisme Asia Timur, yang berasal dari budaya lokal di sana, yang melahirkan masyarakat stabil. Ia fokus pada pencapaian standar hidup dan budaya. Agama tidak dimasukkan dalam urusan bernegara, dan bahkan dalam pembicaraan kaum terhormat.

Prinsip Konfusius ini benar-benar dipraktikkan sepanjang sejarah. Dan sering, ketika lalai, kondisi negara kacau.

Hanzi dalam kartun di bawah ini artinya dewa/tuhan. Dibaca sebagai shen (Mandarin), sin (Hokkian/Korea), kami (Jepang).

Kaum Terhormat Tak Membicarakan Agama, Tuhan, Hantu-Hantu2

Tetapi Konfusius juga sangat menghargai leluhur dan menekankan ritual penghormatan pada altar leluhur. Tetapi lakukan tanpa banyak omong, katanya: Menghormati leluhur dan dewa-dewa tanpa mendiskusikannya adalah awal dari kebijakan.

Intinya, jangan berdakwah. Jangan mendiskusikan agama.

Nah, di negara-negara di mana masyarakatnya tidak mabuk agama, terbaik adalah menerapkan prinsip Konfusius ini. Jangan membicarakan agama, soal supernatural, tuhan, hantu-hantu.

*Mentimoen

_____________

Baca juga:
Netizen NP
Pengguna media sosial | Warganet