Kembangkan Ekonomi Rakyat, Jokowi Silaturahmi ke Bank Wakaf Mikro

Kembangkan Ekonomi Rakyat, Jokowi Silaturahmi ke Bank Wakaf Mikro
Presiden Jokowi saat berkunjung ke Bank Wakaf Mikro, Rabu, 28 Maret 2018

Nalar PolitikPresiden Jokowi lakukan silaturahmi dengan para pengelola dan nasabah Bank Wakaf Mikro di Istana Negara, Jakarta, Rabu, 28 Maret 2018.

Selain itu, beliau juga melihat kios-kios yang ada di pelataran istana dan menyempatkan berdialog dengan para pengelola dan nasabah guna mengetahui kendala di lapangan. Dari dialog tersebut, banyak nasabah yang mampu melakukan diversifikasi produk dengan menjual lebih banyak dari sebelumnya.

Jokowi menegaskan, adanya Bank Wakaf Mikro ini memang bermaksud untuk mengembangkan ekonomi rakyat, khususnya di lingkungan pondok pesantren. Setelahnya akan dilakukan perbaikan-perbaikan.

“Ini memang kita ingin mengembangkan ekonomi rakyat yang berada di lingkungan pondok pesantren. Sekarang ini baru buka 20, ini akan tambah lagi 20. Rencananya setelah ini kita evaluasi sehingga kita bisa membuat perbaikan-perbaikan,” kata Jokowi.

Rancangan pembiayaan yang digunakan ialah dengan cara bagi hasil setara tiga persen tanpa agunan. Hal ini sesuai dengan harapan Presiden.

“Kita membuka Bank Wakaf ini karena memang arahnya untuk usaha-usaha kecil yang tidak memiliki agunan. Sehingga yang biasanya larinya ke ‘bank keliling’ itu bisa masuk ke Bank Wakaf. Arahnya ke sana. Ini akan kita perbaiki di tahap kedua,” lanjutnya.

Selain itu, Bank Wakaf Mikro menyediakan pelatihan dan pendampingan bagi nasabah. Sejauh ini, Bank Wakaf Mikro telah menyalurkan modal usaha sebesar Rp 2,45 miliar ke 2.784 nasabah.

Dalam kegiatan tersebut, Presiden Jokowi mendapat banyak masukan dari para nasabah, dan disambut baik sebagai bahan perbaikan dan penyempurnaan jalannya kebijakan di masa yang akan datang. (us)

___________________

Artikel Terkait: