Kenapa UU Cipta Kerja Bisa Memajukan Ekonomi Indonesia?

Kenapa UU Cipta Kerja Bisa Memajukan Ekonomi Indonesia?
©Liputan6

Nalar Politik – Banyak dasar kenapa UU Cipta Kerja disebut-sebut bisa memajukan ekonomi Indonesia. Termasuk sekalipun ketika Tanah Air tengah dilanda krisis akibat pandemi Covid-19.

Salah satu dasarnya adalah bahwa Omnibus Law secara umum merupakan jawaban atas tumpang tindihnya regulasi selama ini, baik di pusat maupun daerah. Bahwa UU Cipta Kerja datang untuk menyederhanakan berbagai perizinan berusaha.

Seperti dijelaskan oleh pengamat kebijakan publik Adib Miftahul, selama ini banyak peraturan daerah yang bermasalah. Hampir semuanya tidak sinkron dengan peraturan yang berada di pusat.

Kondisi itulah, bagi Adib, menyebabkan aktivitas ekonomi jadi tersendat lantaran pengurusan izinnya memakan waktu yang lama dan mahal alias banyak menguras biaya.

“Perizinan berbelit-belit itu terjadi, makanya investor enggan masuk. Sementara izin di pemerintah daerah ini terkadang tidak jalan karena banyak oknum yang bermain,” kata Adib.

Karena itu, lanjut akademisi Universitas Islam Syekh Yusuf (UNIS) ini, keberadaan UU Cipta Kerja sudah tepat. Ia menjadi sebuah evaluasi atas tumpang tindihnya regulasi. Dengan begitu, ekonomi Indonesia bisa segera tumbuh.

“Proses perizinan harus cepat. Tidak boleh ada tumpang tindih regulasi kalau kita mengharapkan ekonomi tumbuh.”

Meski begitu, Adib tetap mengharapkan keterlibatan daerah dalam mengawal Omnibus Law Cipta Kerja ini.

“Pemerintah daerah bisa melakukan supervisi untuk memastikan yang diberikan izin itu layak atau tidak.” [tr]