Kepuasan Publik terhadap Kinerja Jokowi Capai Rekor Tertinggi

Kepuasan Publik terhadap Kinerja Jokowi Capai Rekor Tertinggi
©Detik

Nalar Politik – Mayoritas masyarakat Indonesia masih mengaku puas terhadap kinerja pemerintahan di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Hal ini terlihat dari temuan survei Polmatrix Indonesia yang menunjukkan rekor tertinggi, yakni 80,1 persen dari 2.000 responden.

“Kepuasan publik terhadap Jokowi mencapai rekor tertinggi lebih dari 80 persen,” kata Direktur Eksekutif Polmatrix Indonesia, Dendik Rulianto, dalam siaran tertulisnya di Jakarta, Minggu (5/12).

Ada beberapa hal yang memengaruhi kepuasan publik terhadap kinerja Jokowi selama menjadi Kepala Negara. Salah satunya adalah peluncuran berbagai program pemulihan pasca-gelombang kedua pandemi Covid-19.

“Pemulihan pasca-gelombang kedua Covid-19 dan makin dipercayanya Indonesia oleh dunia berdampak pada tingginya kepuasan publik terhadap kepemimpinan Presiden Joko Widodo.”

Kepemimpinan Indonesia dalam G20 pada 2022 serta komitmen pemerintah terhadap penanggulangan dampak perubahan iklim sebagaimana disampaikan dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Perubahan Iklim (COP 26) di Glasgow turut memberi pengaruh.

Polmatrix Indonesia pun mendorong pemerintah agar terus menjaga tingkat kepuasan publik itu. Hal ini mengingat banyak negara masih menghadapi ancaman varian baru Covid-19 bernama Omicron.

Pihaknya juga mendorong pemerintah agar lebih mendengar masukan serta kritikan dari publik. Sehingga, kebijakan dan berbagai program yang sudah berjalan selama ini dapat menjawab persoalan masyarakat secara luas.

Dorongan dari Polmatrix Indonesia itu bukan tanpa sebab. Dalam temuan surveinya, masih terdapat 18,4 persen dari total 2.000 responden yang tidak puas terhadap kinerja pemerintah.

Namun, tingkat kepuasan itu, menurut Dendik, relatif rendah karena pemerintah terbuka terhadap kritik dan merespons masukan itu lewat berbagai perbaikan kebijakan, misalnya revisi UU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Baca juga: