Masjid Al-Huda Sungaiselan dan Budaya Gotong Royong

Masjid Al-Huda Sungaiselan dan Budaya Gotong Royong
©Dok. Pribadi

Minggu pagi (1 Agustus 2021) , seluruh warga Kelurahan Sungaiselan berbondong-bondong berjalan beriringan menyambangi masjid Al-Huda. Tidak lupa pula setiap masyarakat, khususnya laki-laki dan para orang tua, membawa buah tangan berupa makanan-makanan sebagai “bancaan” untuk mengawali kegiatan kerja bakti.

Kerja bakti ini khusus bertujuan untuk membangun masjid kebanggaan Kelurahan Sungaiselan. Tidak Ketinggalan juga para pemuda dan pemudi ikut serta dalam kerja bakti dalam perombakan masjid Al-Huda.

Perombakan masjid Al-Huda Sungaiselan dilaksanakan dengan cara gotong royong/kerja bakti, tidak dengan cara menyewa pemborong. Ini dapat mempertahanan ciri khas desa-desa di Indonesia seperti menjunjung tinggi nilai kemasyarakatan dan kebersamaannya, agar tidak terkikis oleh majunya zaman dan teknologi.

Kerja bakti kali ini memiliki tujuan untuk membangun masjid Al-Huda, menjadi tempat ibadah yang  lebih layak dan lebih indah. Kegiatan kerja bakti untuk membangun masjid ini baru dilaksanakan untuk pertama kalinya, sehingga diharapkan kebdepannya dengan kerja keras bersama masyarakat Kelurahan Sungaiselan dapat dimanfaatkan secara maksimal.

Kegiatan pertama yaitu kegiatan untuk membongkar atap masjid. Terdapat masyarakat lingkungan Swadaya yang secara sukarela mengikuti. Sedangkan untuk para pemuda sisanya membangun tenda atau biasa dikatakan warga sebagai “tratak” di musala. Tenda ini dibangun bertujuan sebagai tambahan tempat di musala karena masjid Al-Huda Sungaiselan untuk sementara tidak bisa digunakan, sehingga kegiatan ibadah dan yang lainnya menyangkut keagamaan sementara dapat dilaksanakan di musala belakang yang telah tersedia.

Kegiatan kerja bakti di masjid Al-Huda dimulai pada pagi hari, yaitu sekitar pukul 7 pagi dan berlangsung kurang lebih selama 4 jam. Ada pula selanjutnya yaitu berupa pembongkaran atap genteng, penurunan kubah masjid, sampai dengan pembongkaran atap reng dan usuk atap masjid secara gotong royong.

Diharapkan pembangunan kembali masjid yang masih dalam proses ini dapat memberikan manfaat yang baik untuk warga kelurahan Sungaiselan khususnya lingkungan Swadaya sekitar.

Baca juga:

Ruslan