Meski Amien Rais Layak Nyapres ketimbang Prabowo, tapi Cak Imin Tak Tertarik Jadi Cawapresnya

Meski Amien Rais Layak Nyapres ketimbang Prabowo, tapi Cak Imin Tak Tertarik Jadi Cawapresnya
Ketum PKB, Muhaimin Iskandar (Cak Imin)

Nalar PolitikEdaran kabar tentang akan dicalonkan Amien Rais oleh PAN sebagai pelawan Jokowi untuk Pilpres 2019 mengundang komentar Muhaimin Iskandar. Meski menilai Amien Rais lebih layak nyapres ketimbang Prabowo Subianto, tetapi Cak Imin tak tertarik jika dirinya didorong jadi cawapres untuk mendampinginya.

“Saya lebih pilih Pak Jokowi ketimbang Pak Amien Rais. Alasannya karena cawapresnya Jokowi, saya,” kata Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang akrab disapa Cak Imin.

Seperti diketahui, Cak Imin sudah lama mendeklarasikan diri sebagai calon terkuat pendamping Jokowi. Bahkan, dalam beberapa kesempatan, ia kerap dipanggil “Pak Cawapres” oleh sejumlah politisi.

Meski Cak Imin tak tertarik jika ditawari jadi cawapresnya Amien Rais, Cak Imin tetap memandang petinggi PAN itu sebagai capres yang cukup baik. Amien Rais bahkan dinilai lebih berpotensi melebihi Prabowo Subianto.

“Jangan-jangan Pak Amien daripada Pak Prabowo lebih kuat Pak Amien. Jangan-jangan, ya,” tukasnya.

Sebagai mantan Ketua PP Muhammadiyah, tentu Amien Rais punya modal kuat melawan Jokowi di Pilpres 2019. Apalagi Amien Rais memang belum pernah menghadapi Jokowi dalam pertarungan politik.

“Mungkin perlu yang baru untuk tanding,” tambah Cak Imin.

Lihat juga: Cak Imin dan Eksploitasi Politik

Sebelumnya, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan menyebut empat nama sebagai kandidat capres potensial dari kubunya. Nama Amien Rais terselip sebagai salah satu di antaranya.

Amien Rais sendiri mengakui dirinya cukup layak untuk berkompetisi di perhelatan politik lima tahunan itu. Ia juga mengaku terinspirasi dari perjuangan PM Malaysia Mahathir Mohamad yang terpilih di usia 92 tahun.

“Jadi saya pun sedikit agak layak ya (nyapres). (Saya) sudah agak kuno ya, tapi ya dengan Mahathir itu jadi ada semacam perubahan visi orang Asia Tenggara (soal usia) ini,” terang Amin. (cnn/np)

___________________

Artikel Terkait:
Redaksi NP
Reporter Nalar Politik