Nadiem Makarim Patut Ma’ruf Amin Contoh soal Rangkap Jabatan

Nadiem Makarim Patut Ma’ruf Amin Contoh soal Rangkap Jabatan
©Antara Foto

Nalar Politik – Banyak warganet menyebut sikap Nadiem Makarim patut Ma’ruf Amin contoh. Itu soal pendiriannya terhadap rangkap jabatan, di mana CEO Gojek tersebut memilih untuk tidak melakukannya demi efektivitas kerja.

Sebelumnya Nadiem menyatakan siap jika Presiden Jokowi memilih dirinya mengisi jabatan menteri di Kabinet Kerja Jilid II. Meski belum jelas, Nadiem sudah memastikan telah mundur dari jabatan sebagai CEO di Gojek.

“Sudah pasti posisi saya di Gojek sudah mundur dan tidak ada keterlibatan sama sekali. Terhitung hari ini, sudah sama sekali tidak ada kewenangan atau posisi apa pun di Gojek,” jelas Nadiem usai menemui Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (21/10).

Ia juga mengatakan akan membuat sejumlah inovasi. Ada banyak hal yang telah ia susun dan rencakan. Semua itu akan Nadiem terapkan jika kelak jadi menteri di bidang keahliannya.

“Sudah pasti ada banyak inovasi yang ingin saya lakukan. Saya enggak bisa sebut semuanya sekarang.”

Lantaran sikapnya yang memilih menghindari rangkap jabatan, tak ayal jika warganet membandingkan sikap Nadiem dengan sosok Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Sebab diketahui sampai hari ini, belum ada sikap pasti akan mundur dari jabatan sebagai Ketua Umum MUI.

“Tindakan anak muda ini (Nadiem Makarim) beda sekali dengan Ma’ruf Amin,” kicau warganet berakun @saidiman.

Ada pula yang berucap sebaliknya. Bahwa Nadiem-lah yang layak mencontoh sang kiai.

“Seharusnya Nadiem Makarim meniru Ma’ruf Amin. Kekuasaan itu jangan dilepas, karena itu amanah dari Allah,” tulis @b_irstn. [ku]

Baca juga: