NU Cirebon Tolak Kehadiran Bachtiar Nasir di MTQ

NU Cirebon Tolak Kehadiran Bachtiar Nasir di MTQ
Pamflet dan Surat Penolakan NU Cirebon

Nalar PolitikPengurus Cabang Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Cirebon menolak keras kehadiran Bachtiar Nasir. Sebagaimana informasi yang beredar, petinggi Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF-MUI) itu akan menjadi penceramah dalam kegiatan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Kota Cirebon.

Penolakan PC NU ini sendiri didasarkan pada masukan sejumlah pihak, terutama warga NU sendiri. Ia dinilai sebagai ulama/ustaz yang kerap memberika ceramah yang tidak menyejukkan.

“(Tausiyahnya) bahkan cenderung melukai perasaan sebagian warga Indonesia. Menimbulkan keresahan di tengah-tengah masyarakat,” ungkap PC NU Cirebon melalui pernyataan tertulisnya berperihal Penolakan Bachtiar Nasir, Jumat (13/10/2017).

Karenanya, atas dasar pertimbangan tersebut, PC NU Cirebon pun dengan tegas mendukung MTQ Kota Cirebon. Tetapi, di sisi lain, menolak keras kehadiran Bachtiar Nasir sebagai pengisi tausiyah.

“Jika Bachtiar Nasir tetap diizinkan hadir dan menyampaikan tauisyah di acara MTQ, maka dikhawatirkan ada gerakan massa penolakan yang membuat situasi daerah tidak kondusif,” tambahnya.

Untuk itulah pihaknya memohon kepada kepolisian, yakni Polres Cirebon Kota, agar tidak memberikan izin apa pun terhadap rencana kehadiran ustaz penebar benci tersebut. Diusulkan pula bahwa sebaiknya mencari pengganti yang lebih mumpuni, yang lebih mampu memberikan ceramah dalam bentuk yang mendamaikan.

___________________

Artikel Terkait:

    Redaksi

    Reporter Nalar Politik
    Redaksi