Orasi Ketua IKAMA: Gelorakan Semangat Bersatu di Perantauan

Orasi Ketua IKAMA: Gelorakan Semangat Bersatu di Perantauan
Ketua Ikama Sulbar Yogyakarta, Hairil Amri, berorasi dalam agenda Peringatan Hari Pahlawan, 10 November 2017.

Nalar PolitikKetua Ikatan Keluarga Mahasiswa Mandar Sulawesi Barat (IKAMA Sulbar) Yogyakarta, Hairil Amri, meneriakkan semangat bersatu di perantauan. Hal tersebut ia serukan saat berorasi dalam agenda Peringatan Hari Pahlawan Ikama Sulbar bertema “Memaknai Sejarah Menghargai Pahlawan”.

“Dari makam sampai turun ke jalan, momentum hari pahlawan ini adalah momentum untuk memantik semangat bersatu saudara-saudara seperantauan,” imbaunya tegas dalam orasi.

Idit, sapaan akrabnya, pun menginisiasi anggota-anggotanya untuk senantiasa kembali menengok sejarah bangsa ini, terutama sejarah gerakan para pahlawan nasional. Sebab, menurutnya, itulah pemantik bangsa Indonesia ke arah persatuan hingga kemerdekaan.

“Mari kembali menengok sejarah sambil mencari makna daripada gerakan Indonesia merdeka,” lantangnya kembali.

Sebelumnya, bersama para mahasiswa yang benaung dalam Ikama Sulbar Yogyakarta, mereka berkunjung ke pemakaman HOS Cokroaminoto dan Jenderal Sudirman di kawasan Kusumanegara, Yogyakarta. Di sana mereka melangsungkan ziarah sebagai satu rangkaian peringatan hari pahlawan di tanah rantau.

“Sudah sepantasnya kita berkunjung di pemakaman mereka (para pahlawan). Tanpanya, kita tak bisa hidup senikmat ini, tumbuh dan berkembang di bumi pertiwi Indonesia,” pungkas Idit.

Orasi Ketua IKAMA: Gelorakan Semangat Bersatu di Perantauan
Ketua IKAMA Sulbar, Hairil Amri, saat di pemakaman Jenderal Raden Oerip Soemohardjo.

___________________

Artikel Terkait:

    Redaksi

    Reporter Nalar Politik
    Redaksi
    Share!