Palu Arit di Ladang Tebu

Palu Arit di Ladang Tebu
Ilustrasi: Sampul Buku

Palu Arit di Ladang Tebu; Sejarah pembantaian massal yang terlupakan (1965-1966)

Pembunuhan massal anggota dan simpatisan Partai Komunis Indonesia (PKI) pada 1965-1966 merupakan salah satu yang terbesar di dunia. Diperkirakan 78.000-500.000 orang telah dibantai dalam kurun waktu itu. Bahkan, beberapa sarjana memperkirakan jumlah korban mencapai satu juta orang.

Ironisnya, sedikit sekali penelitian yang secara khusus membahas peristiwa tersebut. Hermawan Sulistyo, penulis buku ini, mencatat tak lebih dari empat penelitian yang pernah dilakukan, baik oleh sarjana asing maupun sarjana Indonesia. Kendala politis dan langkanya sumber-sumber kajian menjadi salah satu penyebabnya.

Buku ini, yang diterjemahkan dari disertasi penulis di Arizona State University, Amerika Serikat, adalah salah satu dari empat penelitian tersebut.

Penulis mengambil daerah penelitian di Jombang dan Kediri, Jawa Timur. Lewat penelitian di dua kota ini, penulis menjawab beberapa pertanyaan: faktor-faktor apa saja yang memicu terjadinya pembunuhan massal? Apakah ada pola pembunuhan yang seragam? Benarkah tentara yang merancang operasinya? Seberapa jauh para kiai dan pemuda Ansor terlibat?

Buku ini patut dibaca oleh semua kalangan agar sejarah kelam bangsa ini tidak terulang kembali.

  • Judul: Palu Arit di Ladang Tebu
  • Penulis: Hermawan Sulistyo
  • Penerbit: KPG (Kepustakaan Populer Gramedia)
  • Tebal: 307 hlm

___________________

Artikel Terkait:

    Mimin NP

    Editor Nalar Politik
    Mimin NP

    Latest posts by Mimin NP (see all)