Para Skeptis Itu

Para Skeptis Itu
©Daelpos

Para skeptis itu sekarang ramai-ramai menjulukinya sebagai bapak oligarki Indonesia.

Sesungguhnya mereka hanya sedang makin frustrasi saja. Kenapa? Karena semua angan pak Jokowi ternyata berjalan sesuai rencana.

Banyak investor dan pemilik modal datang ke Indonesia dan berinvestasi. Mereka masuk pada bidang-bidang strategis, mulai dari rupa-rupa smelter, baterai mobil, hingga mobil listrik.

Padahal dulu mereka pernah bilang mimpi saat beliau ingin Indonesia menjadi bagian penting atau pusat dari industri mobil listrik dunia. Banyak dari mereka berkilah bahwa gak cuma butuh nikel saja untuk bikin baterai mobil. Ada banyak elemen yang tidak mudah apalagi sampai pada tahap pabrik mobil listrik.

Secara perlahan investor masuk. Meski benar bukan cuma komponen nikel saja yang harus ada, tapi para pemilik modal itu optimis bahwa ekosistem mobil listrik yang akan dan sedang dibangun Jokowi memang sangat memiliki masa depan di negeri ini.

Dan benar, pabrik foil tembaga dibangun. Foil tembaga sendiri adalah komponen vital dari sebuah baterai. Dia berfungsi sebagai pengumpul arus listrik di kutub negatif atau anoda baterai kendaraan listrik.

Dengan kapasitas 100 ribu ton per tahun, ini akan menjadi yang pertama dan terbesar di Asia Tenggara. Dan Indonesia bukan lagi mustahil akan langsung menjadi salah satu pusat infrastruktur baterai mobil listrik dunia.

Pabrik ini dibangun dalam 2 fase dan dapat menyerap tenaga kerja hampir 2.000 orang. Proses groundbreaking pabrik foil tembaga ini disaksikan langsung oleh Presiden Joko Widodo pada Selasa (20/06/2023).

Baca juga:

Dan sementara semua pabrik baterai mobil berbenah, Hyundai Korea Selatan pun sudah berinvestasi pada produksi mobil listrik di Indonesia.

“Kita punya nikel, kita punya kobalt sebagai material penting untuk baterai lithium. Bauksit yang bisa diolah menjadi aluminium dan kemudian dapat dimanfaatkan untuk kerangka mobil listrik serta tembaga yang dibutuhkan untuk baterai dan sistem kabel-kabel di mobil listrik,” kata Jokowi saat peluncuran mobil listrik pertama yang dirakit di Indonesia Hyundai IONIQ 5.

Warganet
Latest posts by Warganet (see all)