Pemenang Lomba Esai Parlemen dan Politik Kaum Muda

Nalar PolitikPemenang Lomba Esai Nalar Politik, Parlemen dan Politik Kaum Muda, akhirnya diumumkan. Sesuai kriteria, mereka terdiri dari para pelajar/mahasiswa asal Sulawesi Barat (Sulbar). Semuanya tengah menempuh pendidikan tinggi di berbagai kota Indonesia, seperti Yogyakarta dan Malang.

Bertempat di asrama Ikatan Pelajar Mahasiswa Majene Yogyakarta (IPMMY), Wisma Ammana I Pattolawali, acara berlangsung hikmat. Terselenggara ala kadarnya—suguhan jalankote, keu agar, dan ubi jalar rebus jadi menu utama.

Selain dihadiri rekan pelajar/mahasiswa yang bernaung di bawah Ikatan Keluarga Mahasiswa Mandar Sulawesi Barat Yogyakarta (Ikama Sulbar Yk), para tetamu undangan juga ada yang berasal dari kalangan umum. Mereka ikut memeriahkan Malam Penganugerahan Pemenang Lomba Esai yang serba sederhana tapi istimewa ini.

Awalnya, Lomba Esai yang memperebutkan hadiah dari Muhammad Afzal Mahfuz SH, anggota DPR RI Fraksi Partai Demokrat Dapil Sulbar, ini molor. Harusnya berlangsung (sesuai jadwal) pukul 19.00 WIB. Akan tetapi, lantaran hujan deras mengguyur Kota Pelajar, acara pun baru bisa dimulai pukul 21.00 WIB sampai selesai.

“Cuaca memang tak mendukung, tetapi inisiatif demi literasi tetap harus berjalan. Dan alhamdulillah, semua akhirnya berjalan lancar, meski tak seideal yang kami harapkan,” terang Ketua Panitia Lomba Esai, Abu Bakar, di asrama mahasiswa Majene, Yogyakarta, Minggu (11/2/2018).

Dalam laporannya, panitia juga menyampaikan kepada semua untuk senantiasa membangun wadah-wadah literasi. Seperti Nalar Politik, panitia mengharapkan peran aktif, terutama dari para pemenang lomba, untuk tetap giat dalam menjadikannya sebagai wadah bersama, kini dan ke depan.

“Kepada para peserta lomba, jangan berhenti sampai di sini saja. Finalis (pemenang) adalah identitas baru teman-teman. Ini tanda bahwa teman-teman sudah punya kewajiban dalam menggiatkan literasi,” tambah Abu Bakar.

Dari pihak tuan rumah, dalam hal ini diwakili Ketua Umum IPMMY Muhammad Ihsan Tahir, menyampaikan apresiasi besarnya kepada Nalar Politik sebagai penyedia wadah dan Muhammad Afzal Mahfuz selaku penyandang sponsorship.

“Kami sangat mengapresiasi. Ini wadah dan bantuan yang sangat berharga, terutama bagi kalangan pelajar/mahasiswa rantau yang memang harus melek literasi,” ujar mahasiswa Universitas Islam Indonesia (UII) ini.

Pemenang Lomba Esai Parlemen dan Politik Kaum Muda
Anggota DPR RI Fraksi Partai Demokrat Dapil Sulbar, Muhammad Afzal Mahfuz SH, penyandang sponsorship Lomba Esai “Parlemen dan Politik Kaum Muda”

Dan, sambungnya, semoga Lomba Esai ini bisa menjadi awal untuk para pegiat literasi dalam berproses. Sebab proses tiada pernah akan mengkhianati hasil.

Setelah tersampaikannya beberapa sambutan, termasuk sambutan CEO Nalar Politik dan hiburan musik dari Andi Kaneko dkk serta pembacaan puisi Muhammad Ishak Fatah juga Muhammad Ihsan Tahir, acara kemudian berujung ke pengumuman para pemenang Lomba Esai.

Sebelumnya, penjelasan terkait mekanisme penilaian naskah disampaikan oleh Riandy Aryani. Selaku Redaktur Nalar Politik, ia sekaligus mewakili tim juri.

“Kurang lebih 37 naskah yang masuk ke redaksi. Hanya 17 naskah yang layak terbit, yang kemudian jadi bahan penilaian kami,” ungkap Riandy Aryani.

Adapun mekanisme penilaian naskah, tim juri mendasarkannya pada beberapa kriteria. Di antaranya adalah kesesuaian dengan tema, orisinalitas dan otentisitas gagasan, kualitas dan gaya bahasa, serta kreativitas atau cara penyajian isi tulisan.

“Interaksi pembaca juga jadi pertimbangan. Karena, biar bagaimanapun, salah satu kriteria tulisan yang baik adalah banyak dibaca publik, didiskusikan,” tambah Riandy Aryani.

Berikut ini pemenang Lomba Esai Parlemen dan Politik Kaum Muda, yang terdiri dari Juara I, II, dan III, serta 2 Juara Harapan:

Selamat untuk para pemenang. Semoga ini bukan kali terakhir dalam memberi arti bagi negeri. Mari, bersama-sama, bangun bangsa ini dengan gagasan.