Pengaturan Yoast SEO Terbaik untuk Situs Web WordPress

Pengaturan Yoast SEO Terbaik untuk Situs Web WordPress
©Member Press

Teknologi – Apakah Anda ingin situs web WordPress Anda muncul di halaman pertama pencarian Google? Jika ya, Anda sedang berada di halaman yang tepat. Pengaturan Yoast SEO terbaik berikut ini akan membantu mewujudkan impian itu.

Selain lengkap, pengaturan Yoast SEO terbaik ini juga merupakan yang terbaru. Anda bisa mengaplikasikannya langsung di situs web Anda secara praktis. Anda hanya butuh WordPress versi 5.6 atau lebih (kompatibel hingga 5.9) serta PHP 5.6.20 atau lebih untuk bisa menginstal dan mengaktifkan Yoast SEO versi 18.0.

Apa Itu Yoast SEO?

Yoast SEO adalah plugin SEO (search engine optimization atau pengoptimalan mesin telusur) WordPress nomor satu sejagat maya. Sejak rilis pada 2008, plugin ini telah membantu jutaan situs web di seluruh dunia untuk meraih peringkat tertinggi di mesin-mesin pencarian seperti Google, Bing, Yandex, dan Baidu.

Dengan Yoast SEO, selain memampukan Anda membuat konten yang ramah SEO berkat penggunaan kata kunci yang tepat, Anda juga bisa tahu apakah sebaran keyword tersebut sudah merata di dalam artikel.

Anda juga bisa melihat hasil analisis SEO dengan berbagai parameter. Misalnya, meta judul dan deskripsi untuk pratinjau Google bagi pengguna seluler maupun desktop hingga track SEO performance.

Fitur penting lainnya adalah analisis keterbacaan atau readability. Sesuai namanya, bagian ini akan membantu Anda untuk menyajikan konten yang dapat terbaca nyaman di sisi pengguna. Anda bisa menganalisis sejauh mana konten Anda memuat unsur seperti kalimat pasif, kalimat berurutan, sebaran subjudul, panjang paragraf, dan panjang kalimat.

Free atau Premium?

Yoast SEO memiliki dua versi, yakni free dan premium. Yang premium jelas akan memberi Anda konfigurasi paling maksimal. Tetapi penggunaan versi free sudah lebih dari cukup membantu Anda untuk sekadar meningkatkan ranking situs web di mesin-mesin pencarian dengan fitur-fitur canggihnya berikut ini:

  • Analisis SEO: alat yang sangat berharga saat menulis konten ramah SEO dengan mempertimbangkan frasa kunci (fokus) yang tepat.
  • Analisis keterbacaan: memastikan bahwa manusia dan mesin telusur dapat membaca dan memahami konten Anda.
  • Peta situs XML: mudahkan Google untuk membantu memahami struktur situs web Anda.
  • Dukungan bahasa: Inggris, Jerman, Prancis, Belanda, Spanyol, Italia, Rusia, Indonesia, Polandia, Portugis, Arab, Swedia, Ibrani, Hongaria, Turki, Ceko, Norwegia, Slovakia, dan Yunani.
  • Pratinjau Google: menunjukkan tampilan daftar Anda di hasil pencarian; untuk perangkat seluler maupun desktop.
  • Penyesuaian situs web: dengan alat ini, Anda dapat fokus membuat konten berkualitas.
  • Konten landasan dan tautan internal: membantu Anda mengoptimalkan struktur situs dengan mudah.
  • Penerjemahan konten: menerjemahkan konten ke data struktur bila memungkinkan untuk membantu mesin pencari memahami situs web Anda.
  • Peran SEO: Anda dapat memberi rekan kerja akses ke bagian tertentu dari plugin Yoast SEO.

Untuk versi premium, beberapa fitur ini bisa Anda nikmati:

  • Pengelola pengalihan: mencegah kesalahan 404: Laman Tidak Ditemukan.
  • Pengenalan bentuk kata cerdas: tersedia dalam berbagai bahasa.
  • Blok Tautan Internal: menyusun dan meningkatkan struktur konten Anda dengan mudah.
  • Pengoptimalan konten untuk sinonim dan frasa kunci terkait.
  • Saran penautan internal: tersedia otomatis saat Anda menulis konten.
  • Pemeriksaan konten landasan: mengarahkan mesin pencari ke laman utama Anda.
  • Menghubungkan Yoast SEO ke Zapier: membuat zaps yang langsung membagikan posting yang Anda publikasikan dengan lebih dari 2.000 tujuan, seperti Twitter, Facebook, dan banyak lagi.
  • Latihan SEO

Yoast SEO Free dan Premium

Cara Instal Plugin Yoast SEO

Langkah pertama pengaturan Yoast SEO terbaik adalah menginstal dan mengaktifkan plugin Yoast SEO. Anda dapat melakukan instalasi ini melalui Dasbor > Plugin > Tambah Baru.

Di halaman Tambah Plugin, Anda bisa mengunggahnya langsung dengan terlebih dahulu mengunduh pluginnya di sini. Anda juga bisa mencarinya dengan memasukkan kata kunci “Yoast SEO”, lalu instal dan aktifkan plugin—pastikan buatan Team Yoast.

Halaman selanjutnya >>>