Penjelasan tentang Ateisme

Penjelasan tentang Ateisme
©Zazzle

Nalar Warga – Tulisan ini saya buat karena terlalu banyak pertanyaan yang sama tentang ateisme, atau kesalahpahaman orang tentang ateisme. Daripada saya harus jawab hal yang sama melulu, entar kalau yang tanya saya sodorin link ke tulisan ini.

Teisme adalah kepercayaan terhadap tuhan. Tuhan teis bisa bermacam-macam. Karena itulah seorang teis pasti menganut satu ideologi yang menjelaskan tuhannya kayak apa. Ideologi itu namanya kepercayaan atau agama.

Ateisme itu adalah a-teisme. A di sini artinya negasi atau bukan. Jadi ateisme itu artinya bukan teisme. Ateisme cuma satu kondisi di mana seseorang tidak percaya akan adanya tuhan pencipta alam. Ateisme bukan ideologi, bukan paham, bukan kepercayaan.

Lalu ada yang bertanya, lalu ateisme mau percaya apa dong?

Ya terserah masing-masing ateis tersebut. Itu urusan mereka. Tetapi ateisme sendiri gak ada kepercayaan alternatif. Ateis berarti orang yang gak percaya sama teisme, itu saja.

Pertanyaan-pertanyaan seperti: lalu bagaimana pendapat ateis tentang X? (x isi sendiri apa juga).

Enggak ada. Ateisme tidak punya pendapat apa pun. Yang punya pendapat itu masing-masing ateis. Walaupun mungkin banyak dari mereka yang pendapatnya mirip/sama.

Apakah ateis bisa percaya takhayul?

Baca juga:

Bisa. Walaupun umumnya ateis itu rasional, logis, berbasis fakta, semua itu bukan prasyarat jadi ateis. Ateis bisa bodoh, bisa percaya takhayul, bisa jahat. Dia ateis karena tidak percaya alam diciptakan tuhan.

Lalu bagaimana terjadinya alam menurut ateis?

Sudah dibilang berkali-kali, ateisme tidak punya pendapat! Walaupun begitu, umumnya ateis menyerahkan pada sains untuk menjawab semua hal yang berhubungan dengan eksistensi di alam raya. Umumnya ateis berpegang pada sains (tapi gak harus).

Apakah ateisme itu pilihan?

Bukan, seseorang tidak memilih jadi ateis. Pada saat dia tidak percaya pada adanya tuhan pencipta, otomatis dia ateis. Pada waktu dia percaya lagi, otomatis bukan ateis.

Apakah ada ilmu ateis?

Ampun beribu ampun! Gak ada. Ateisme bukan ilmu, bukan paham, bukan ideologi. Gak ada yang bisa dipelajari dari ateisme. A-teisme adalah kondisi ketika orang gak percaya pada adanya tuhan pencipta.

Lalu dari mana sumber moral seorang ateis?

Halaman selanjutnya >>>

Warganet
Latest posts by Warganet (see all)